Hari ini Sebanyak 220 Pasien Ikuti Operasi Katarak Gratis Dalam rangka Iven Bakar Tokang Sosial

Senin 02 Juli 2018
BAGANSIAPIAPI, RIAUPUBLIK.COM-- Iven Bakar Tongkang yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Tahun 2018 ini sedikit berbeda, pasalnya tahun ini iven wisata nasional ini diisi dengan berbagai kegiatan sosial  salah satunya operasi katarak 200 mata secara gratis selama tiga hari dari Tanggal 1- 3 Juli 2018 di RSUD DR. Pratomo Bagansiapiapi, Rohil.

Demikian dikatan Presiden Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu, Rohil yang menjadi Koordinator pelaksana kegiatan, Ir. Siswaja Muljadi saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan operasi katarak gratis di halaman RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi, Rohil, MIGGU ( 1/7/2018).

"Kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis dalam rangka iven bakar Tongkang tahun ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari Tanggal 1-3 Juli 2018 yang di ikuti sekitar 220 pasien berasal dari berbagai daerah Kecamatan di Rohil. Diawal kami menargetkan 200 mata katarak untuk dioperasi, namun karena tingginya antusias masyarakat saat penjaringan menjadi 220 pasien," kata Ir. Siswaja Muljadi.

Anggota DPRD Propinsi Riau ini menjelaskan lebih lanjut bahwa setelah dilakukan penjaringan di beberapa Puskesmas, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang datang untuk mendaftar sebagai peserta dengan alasan baru mendapatkan informasi dan sebagainya.

"Kita akan tetap prioritaskan orang-orang yang mempunyai komitmen untuk mengikuti kegiatan kita, namun jika masih memungkinkan akan tetap kita layani," jelasnya.  
Kegiatan bakti sosial ini lanjutnya, masih merupakan rangkaian dari event Bakar Tongkang. Bahkan sebelumnya telah dilaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial seperti sunat massal gratis, pengobatan gratis serta pembagian sembako. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu, Lion Club Medan Fortune, PPMLI bekerjasama dengan Pemkab Rohil, Kejari Rohil, RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi serta beberapa Puskesmas di Rohil.

Siswaja Muljadi mengharapkan dengan adanya kegiatan bakti sosial dalam rangka iven nasional bakar tongkang ini semua komponen dapat merasakan kehadiran bakar tongkang. Sehingga mereka yang tidak mengikuti ritual bakar tongkang karena lain agama atau etnis dapat merasakan.

"Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini diharapkan semua komponen merasakan kehadiran bakar tongkang. Yang terpenting bagi mereka yang mengikuti operasi katarak ini untuk dapat saling menjaga matanya selama satu bulan, ikuti aturan yang sudah disampaikan dokter seperti tidak boleh angkat barang, kerja berat, kena debu atau asap, kena air, menunduk serta berhubungan suami istri," harapnya.

Sementara itu, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, SH menyampaikan apresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu serta semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini.
Menurutnya, kegiatan bakti sosial dalam rangka iven bakar tongkang seperti inilah yang perlu disupport karenakan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu serta manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Kegiatan bakti sosial dalam rangka iven bakar tongkang ini sangat baik, saya selaku Kajari sangat megapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan hari ini, kegiatan seperti ini harus terus dikembangkan," kata Gaos Wicaksono.

Diharapkan kedepannya setiap ada event Bakar Tongkang kegiatan bakti sosial seperti ini dapat berjalan continue serta lebih ditingkatkan lagi. Selain itu ia juga mengharapkan kegiatan ini membawa dampak yang positif bagi masyarakat maupun pemkab Rohil.

Gaos juga menyatakan bahwa untuk tahun-tahun berikutnya, pihak Kejaksaan Rohil akan terus ikut andil dalam kegiatan bakti sosial iven bakar tongkang.

Sementara, Direktur RSUD Pratomo dr Tribuana Tungga Dewi saat dikonfirmasi terkait kegiatan bakti sosial tersebut mengatakan bahwa pihak rumah sakit hanya memfasilitasi kegiatan dan pada prinsipnya pihak rumah sakit mendukung kegiatan sosial ini untuk kepentingan masyarakat.

"Pihak rumah sakit hanya menfasilitasi, untuk biayanya secara keseluruhan ditanggung pihak panitia. Pada prinsipnya pihak RSUD mendukung, karena ini kepentingan umat. Yang penting saling koordinasi, ikuti aturan mainnya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar, " kata Tri Buana.
Hadir pada acara, Kajari Rohil, Gaos Wicaksono, SH, Direktur RSUD RM Pratomo Tribuana Tungga Dewi, Anggota DPRD Rohil Imam Suroso, Ketua Multi Marga Rendi Gunawan, para pengurus Lion Club serta pasien peserta operasi katarak.



Laporan : Jum.

Related

Rohil 8128319098860510202

Posting Komentar

.

.

uc

uc

b

b

adv

adv

MAS

MAS

Tni/polri

Tni/polri

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Pekanbaru

Newspelalawan

PANGLIMA TNI

PANGLIMA TNI

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewansiak

Follow Us

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item