Tutup Akses Jalan, Rosman Yatim: Hadirnya Perkebunan PT Mentari di Inhu Tak Bermodal dan Cuma Buat Masalah


RIAUPUBLIK.COM, INHU- Sedikitnya ada 72 orang warga Desa Payarumbai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, melakukan aksi penyetopan aktifitas angkutan perusahaan perkebunan PT Mentari Kamis (1/4/2021), aksi melumpuhkan operasional perusahaan tersebut dilakukan dari kelompok karyawan yang berhenti berkerja dan diberhentikan oleh perusahaan tanpa pesangon dan menunggak gaji.

Demikian disampaikan anggota DPRD Inhu Risman Yatim kepada wartawan Jumat (2/4/2021). "PT Mentari itu perusahaan yang tidak ada modal dan cuma membuat masalah saja di Inhu, mereka tak mampu membayar gaji karyawan ditambah lagi mau menguasai lahan perkebunan masyarakat," kata Rosman Yatim.

Polisitisi partai Gerindra Inhu itu menjelaskan, dirinya mengetahui kronologis tentang penguasaan lahan perkebunan kelapa sawit PT Alam Sari Lestari oleh PT Mentari yang hanya membayar sekitar 30 persen saja dari total nilai jual aset PT Alam Sari Lestari. 

"Dari 30 persen itu gaji karyawan dan hak hak karyawan yang diberhentikan itu dibayarkan oleh PT Mentari, sehingga 30 persen pembayaran awal tidak utuh diterima oleh PT Mentari," ujar Rosman yang pernah menjadi kepala Desa di Desa Payarumbai tersebut.

Sebagai mana  diketahui, pemasangan plang penutupan akses jalan yang dilalui angkutan perkebunan PT Mentari tersebut bertujuan agar jalan mobil membawa hasil panen milik perusahaan tidak bisa melintas.

Dimana, pemasangan plang tersebut terjadi akibat kekecewaan mantan karyawan terhadap manajemen PT Mentari, karna belum terealisasinya pembayaran pesangon yang dijanjikan oleh PT Mentari pada Saat dilakukannya Perjanjian Bersama (PB) dengan batas waktu terakhir dibayarkannya pesangon tanggal 31 Maret 2021 dengan nilai 100 persen.

Karyawan dan PT Mentari melakukan perjanjian pembayaran tuntas pesangon karyawan yang berhenti dan diberhentikan dilakukan di PT Mentari Pada Tanggal 18 Desember 2020. "Jalan yang di plang oleh ex. karyawan bukan jalan perusahaan akan tetapi merupakan jalan produksi perkebunan masyarakat," kata Rosman Yatim.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak manajemen PT Mentari belum memberikan keterangan resmi terkait adanya sejumlah persoalan lahan dan persoalan pesangon karyawan yang sudah berhenti bekerja di PT Mentari tersebut. **

Related

Ekonomi 8052313403505034384

Posting Komentar

emo-but-icon

PKB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item