SATGAS PAMTAS YONIF PR 328/DGH DUKUNG GALAKKAN PENGGUNAAN RUPIAH DI PERBATASAN

Minggu, 11 Agustus 2019
JAYAPURA, RIAUPUBLIK.COM-- Bertempat di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH hadiri rapat bersama stake holder dalam rangka menggalakkan penggunaan rupiah di perbatasan, (10/08).

Disampaikan lebih lanjut oleh Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin  Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) pokok pembahasan dalam rapat adalah dalam membatasi dan mengontrol peredaran mata uang Kina di pasar Skouw.

“Sesuai dengan UU No. 7 Tahun 2011 guna mewujudkan peredaran uang Rupiah di perbatasan ada beberapa cara yang akan diambil  oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua diantaranya apabila pasar baru sudah diresmikan maka alat pembayaran yang berlaku hanya menggunakan mata uang Rupiah, kemudian akan dilakukan sosialisasi kepada pedagang dan warga PNG yang berbelanja di wilayah pasar, serta akan dibangun money charger yang dapat digunakan warga PNG untuk menukarkan Kina ke Rupiah,” jelas Mayor Erwin.

Selama ini peredaran mata uang di pasar Skouw berlaku dua mata uang yaitu Rupiah dan Kina, “Pasar Skouw saat hari pasar banyak dikunjungi oleh warga PNG yang berbelanja di pasar Skouw dengan menggunakan uang Kina, sehingga peredaran mata uang Kina lebih besar daripada Rupiah,” ujarnya.

Dijelaskan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Papua, Bapak Naek Tigor Sinaga akan di tambah ATM dan membentuk Satgaswal yang akan mengawasi peredaran rupiah, “Kedepan kami akan menambah gerai-gerai ATM sehingga warga PNG wajib menukarkan mata uang Kina ke Rupiah selanjutnya akan dibentuk Satgaswal yang mengawasi penggunaan mata uang Rupiah dan mata uang Kina di perbatasan sehingga dapat menekan angka peredaran mata uang Kina di wilayah perbatasan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Adm. PLBN, Kepala Pos Pengawasan Bea Cukai, Kapospol Skouw dan perwakilan pedagang pasar Skouw. *

Related

TNI/Polri 8364680156618866742

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item