PLN Bangun Empat Gardu Induk Demi Sumut Bebas Pemadaman


RIAUPUBLIK.COM, MEDAN -- Empat gardu induk tengah disiapkan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) II. Gardu-gardu tersebut merupakan bagian dari program pemerintah pusat mewujudkan pembangunan energi listrik 35 ribu Megawatt (MW).

General Manager PT PLN UIP II, Jurlian Sitanggang‎ mengatakan, di Sumut, proyek pembangunan 'tol listrik'‎ 35 ribu MW dibagi di empat tempat. Keempatnya yakni Gardu Induk (GI) Padangsidimpuan, GI Sarulla di Tapanuli Utara, GI Galang di Deli Serdang, dan GI Binjai.
"Empat gardu induk ini akan mengatur pasokan listrik dari sumber listrik tenaga panas bumi di Sarulla dan PLTU Pangkalan Susu," jelas Jurlian, Rabu (1/6).

Untuk GI Galang, Jurlian menyebutkan, akan dibangun travo berkapasitas 2x500 MVA. Sementara untuk GI Padangsidimpuan, GI Sarulla dan GI Binjai akan dibangun travo masing-masing berkapasitas 2x250 MVA.

Menurut Jurlian, pembangunan Gardu Induk tak bisa berjalan mulus tanpa dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat. Tersedianya listrik untuk membebaskan Sumut dari pemadaman, lanjutnya, tidak bisa diwujudkan oleh PLN sendiri.

Saat ini, ia menyebutkan, rasio elektrifikasi di Sumut masih di bawah rata-rata nasional, yakni 82,9% dengan beban puncak 1.565 MW serta daftar tunggu sebesar 565 MW. Oleh karena itu, lanjut Jurlian, untuk mencapai target nasional semua pihak harus saling bekerja sama.

"Kita harus bergandengan tangan, khususnya masyarakat yang dilintasi kabel transmisi. Tanpa dukungan masyarakat, Sumut bebas pemadaman mustahil," ujar Jurlian.

Ia menambahkan, transmisi yang ada di Sumut, mulai dari Padangsidimpuan hingga Binjai sejauh 689 km dengan jumlah tower 1.505 sudah mencapai progress 85%. Pembangunan ini ditargetkan akan selesai pada akhir 2016. 

SBR: ROL

Related

Ekonomi 488849455120645797

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item