1 Tahun MPP Pekanbaru (Riau) Menpan RB Tjahjo Kumolo Sebut Terbaik Se Indonesia

Kamis, 12 Maret 2020
Kata Sambutan HUT 1 MPP Pekanbaru, Menpan RB Tjahyo Kumolo Sebut Terbaik Se Indonesia
PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM-- Meriahkan 1 Tahun MPP pekanbaru bertempat lapangan Upacara Pemko Pekanbaru Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru 11/03/2020 tampak hadir Dalam acara HUT 1 Tahun MPP Pekanbaru Walikota pekanbaru Firdaus, Wakil Walikota Ayat Chayadi Sekdako, Wakil Gubernur Riau, Kapolda Riau Menpan RB, Mendagri Diwakili, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Serta Para tamu undangan dari kalangan masyrakat kota pekanbaru,
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan dalam acara Hari Ulang Tahun MPP Kota Pekanbaru dan peresmian perluasan MPP Kota Pekanbaru, di Pekanbaru, Riau, Rabu (11/03).

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Riau, menginjak usia satu tahun. Ulang tahun pertamanya ini, ditandai dengan diresmikannya perluasan area pelayanan, yakni gedung khusus untuk pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Peresmian itu dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Rabu (11/03).

"Saya Katakan MPP PekanbaruTerbaik Se Indonesia, Merayakan satu tahun MPP Kota Pekanbaru adalah tidak semata untuk penyederhanaan birokrasi tetapi percepatan pengambilan keputusan, ," ujar Menteri Tjahjo, yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.
Perkembangan MPP Kota Pekanbaru juga terlihat dari jumlah layanan. Pada tahun 2019, jumlah layanan di MPP Pekanbaru ada 185 layanan dengan 27 tenant. Meningkat pada awal 2020, yakni 191 layanan dengan 33 tenant.

Khusus untuk Disdukcapil, terdapat 22 jenis layanan. Sebelum bergabung dengan MPP, rata-rata ada 300 kunjungan per hari di Disdukcapil. Sedangkan setelah masuk ke dalam MPP, meningkat menjadi 1317 kunjungan per hari.

Menteri Tjahjo mengapresiasi Pemkot Pekanbaru yang berhasil dalam perluasan area pusat pelayanan modern tersebut. MPP Kota Pekanbaru diharapkan bisa selalu berkembang dan beradaptasi untuk menjawab tantangan, sehingga bisa menciptakan birokrasi berkelas dunia.

Adanya MPP diharapkan dapat meningkatkan ekonomi daerah. Ease of Doing Business atau kemudahan berusaha, tentu meningkat setelah adanya MPP.

MPP yang kini sedang marak dibangun oleh pemerintah daerah, memiliki sistem data yang terintegrasi serta memanfaatkan teknologi. Dengan teknologi, pelayanan akan lebih cepat, transparan, dan mereduksi adanya praktik pungutan liar. "Adanya MPP yang terbuka untuk menekan angka korupsi," tegasnya.
Pada kesempatan itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, mengungkapkan bahwa ia dan jajarannya berusaha mengubah mindset pelayanan. Pemkot mengadopsi pelayanan di Disdukcapil seperti pelayanan perbankan.

Rata-rata, MPP Kota Pekanbaru bisa melayani 1.500 layanan per hari. Target tahun depan, adalah 2.500 layanan per hari. Langkah yang ditempuh Pemkot Pekanbaru untuk mewujudkan target tersebut adalah dengan melakukan inovasi sistem dan aplikasi.

Selain itu, seluruh SDM yang memberi pelayanan di MPP, juga terus ditingkatkan kemampuannya. "Anak-anak kami, kami uji coba untuk melakukan perubahan dalam pelayanan," pungkasnya.

Mengakhiri rangkaian acara, Menteri beserta rombongan mengunjungi gedung MPP Adminduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang berada dalam satu komplek dengan MPP Pekanbaru. (Adv/R07)



Related

Pekanbaru 1895825981074398264

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item