Syamsurizal: Pemerintah Harus 'Garang' Terhadap Kapal Nelayan China di Kawasan Natuna

Minggu, 5 Januari 2020
JAKARTA, RIAUPUBLIK.COM -  Kedaulatan dan keamanan penjagaan batas laut Indonesia kembali dipertanyakan. Setelah baru-baru ini kapal nelayan berbendera China dipastikan oleh Kementerian Luar Negeri telah melanggar kawasan zona ekonomi ekslusif (ZEE), tepatnya diperairan Natuna, Kepulauan Riau.

Tak hanya itu, berdasarkan video yang beredar luar dimasyarakat baru ini, kapal nelayan China tersebut bukan saja melanggar batas, namun mereka dengan tenang mencuri ikan layaknya di wilayahnya sendiri. Lebih mencengangkan lagi, kapal nelayan China yang dikawal kapal coast guard mengusir kapal nelayan Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi II DPR RI, Syamsurizal meminta pemerintah Indonesia untuk lebih "garang" dan menindak tegas terhadap kapal nelayan milik China yang telah melanggar zona dan melakukan pengusiran terhadap nelayan Indonesia.

"Pemerintah RI perlu bersikap tegas terhadap kapal nelayan China tersebut, dan  tidak hanya menunggu Respon dari Kedutaan China di Jakarta, memang saat ini Pemerintah RI sudah menbuat laporan Resmi ke Kedutaan China tersebut dengan menempuh jalan diplomasi saja," kata Syamsurizal saat dihubungi Sabtu (4/1).

Politisi PPP itu menyebutkan, kejadian ini bukan kejadian yang pertama, peristiwa serupa sudah berulang kali dilakukan oleh kapal nelayan China dengan dalih masih berada diperairan mereka.

"Informasinya kejadian itu bukan pertama kali dilakukan oleh kapal nelayan China tapi sudah berulang ulang, namun mereka tetap beralasan bahwa mereka merasa itu di perairan mereka sendiri (sedang tidak melanggar ZEE _red), bahkan kapal nelayan tersebut diback up oleh kapal tertentu," tegas mantan Bupati Bengkalis itu.




Riaupos//Riaupublik

Related

Meranti 3486714036409928280

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item