Danramil 03/Rts Ajak Masyarakat Bentengi Diri Dari Pengaruh Narkoba

Senin, 6 Januari 2020
ACEHTIMUR, RIAUPUBLIK.COM- Dalam upaya mencegah dan menangkal bahaya Narkoba di masyarakat, Danramil 03/Rantau Selamat Kodim 0104/Aceh Timur Kapten Inf Sukamto mengajak masyarakat bentengi diri dari pengaruh Narkoba, saat memberikan materi pada kegiatan pelatihan Kamtibmas, yang bertempat di Meunasah Desa Alue Raya, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur, Senin (06-01-2020).

Materi yang diberikan bertajuk "Bahaya Narkoba", tersebut disampaikan Danramil 03/Rts kepada peserta yang sedang melaksanakan Latihan. Dihadapan peserta, Kapten Inf Sukamto memaparkan tentang pengertian Narkoba yang merupakan gabungan dari Narkotika dan Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya.  Narkotika adalah zat atau obat dari alami (tanaman) atau sintetis (bukan tanaman) yang mengganggu kesadaran daya pikir, daya ingat, konsentrasi, persepsi, perilaku dan perasaan serta menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya.

Masih papar Danramil, narkotika digolongkan dalam 3 golongan yakni golongan I, II dan III. Narkotika golongan I merupakan jenis paling berbahaya karena memiliki daya adiktif sangat tinggi dan tidak dapat digunakan untuk terapi, contohnya ekstasi, jamur tahi sapi, kokain, ganja, katinon, dan lain-lain, "jelasnya.

Disampaikan juga oleh Danramil, cara mengenali orang penyalahguna Narkoba dan bahaya penyalahgunaan Narkoba bagi manusia seperti kerusakan otak, wajah, organ tubuh lainnya, bahkan menyebabkan menurunnya ketahanan tubuh, perubahan fisik, sikap, perilaku dan mental hingga berujung dengan kematian.

Sebelum mengakhiri materinya, Danramil mengajak, agar para peserta latihan menghindari dan menjauhi Narkoba, serta tidak main-main dengan Narkoba karena akan merusak dan menghancurkan kehidupan kita.

Untuk itu para peserta harus membentengi diri dengan pengetahuan, yakni ilmu agama dan moral, serta lebih memahami nilai-nilai luhur Pancasila, sehingga mampu membentengi diri dari hal-hal negatif termasuk bahaya Narkoba. "Hidup sehat dan cerdas tanpa Narkoba, "tandas Danramil.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Rantau Selamat Rudi Saputra, S.Stp. M.Ap, Kapolsek Rantau Selamat Iptu M. Musa, Babinsa Koramil 03/Rts Serka Juliansyah, Bhabinkamtibmas Desa Alue Raya Bripka Hendra, Pendamping Desa Ishak, Geuchik Desa Alue Raya Andi Saputra, A.md. Kep, Mukim Rantau Panjang  M. Yakop, Tuha Peut Desa Alue Raya Tgk. Junaidi, Imam Gampong Tgk. Sulaiman, Sekdes Amirudin, dan peserta lainnya.(Kir)

Related

Riau 4715498274824814135

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item