Kesbangpol Aceh Gelar Acara Pemantapan Sejarah, Karakter dan Wawasan Kebangsaan

Kamis, 21 November 2019
Teks Foto: Syahrizal Fauzi, S. STP, M. AP Asiaten Bidang Pemerintah Setdakab Aceh Timur saat menyampaikan sambutan dan arahan pada kegiatan pemantapan nilai sejarah, karakter, dan wawasan kebangsaan. Foto Bagian Humas & Protokol Setdakab Aceh Timur
ACEHTIMUR, RIAUPUBLIK.COM–  Badan Kesbangpol Aceh bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Aceh Timur menggelar kegiatan Pemantapan Nilai Sejarah Karakter dan Wawasan Kebangsaan kita Bangun Jiwa Bangsa yang Bersatu Demi Persatuan dan Kesatuan Negara Republik Indonesia. Kegiatan digelar di aula Kantor Camat Idi Rayeuk, Kamis (21/11/2019).

Bupati Aceh Timur dalam sambutan dan arahannya yang disampaikan oleh Syahrizal Fauzi, S. STP, M. AP Asiaten Bidang Pemerintah Setdakab Aceh Timur mengatakan, keberagaman bangsa Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku Bangsa, Agama, Bahasa, Kepercayaan dan adat istiadat adalah anugerah dari Allah yang patut kita syukuri dan merupakan faktor pembentukan wawasan kebangsaan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan menyimpan potensi kekuatan budaya untuk dapat ikut mewarnai peradaban dan kesejarahan dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan internasional," kata Syahrizal.

Oleh karena itu, harus dikelola secara baik dan harus dipertahankan dengan cara memilihara, melindungi serta mengembangkan melalui nila-nilai budaya kita agar senantiasa menjadi kekuatan bersama dalam membangun masyarakat, berbangsa dan bernegara, "papar Syahrizal.

"Pembinaan Ideologi, karakter dan wawasan kebangsaan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi semua komponen masyarakat, sesuai dengan bidang tugas dan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia," demikian pungkas Syarizal.

Sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol Aceh Timur Adlinsyah, S. Sos. M. AP dalam laporannya menyampaikan, adapun maksud dan tujuan kegiatan pemantapan nilai sejarah, karakter, dan wawasan kebangsaan ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberi motivasi kepada seluruh komponen masyarakat diberbagai tingkatan dalam mewujudkan satu kesatuan tingkah laku dalam mempersiapkan diri dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pemantapan nilai sejarah, karakter, dan wawasan bertujuan untuk mewujudkan sikap dan tingkah laku yang menghargai dan menghormati hak-hak orang lain dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang bersatu, kokoh dan tegar dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan," sebut Adlinsyah.

Katanya, kegiatan pemantapan nilai sejarah, karakter, dan wawasan kebangsaan ini dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang yang berasal dari komponen masyarakat," demikian ujar Adlinsyah.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Aceh dalam sambutan dan arahannya yang disampaikan oleh Plt Kabid Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Nurdin, S. Sos mengatakan, krisis karakter merupakan muara dari semua krisis yang lain tercemin dalam banyak fenomena sosial.

Hal itu seperti, politik, konflik, kekerasan, pembunuhan dan lain-lain, semua itu terjadi karena orang-orang kehilangan karakter terutama sekali moral, kejujuran, pengendalian diri dan tangung jawab sosial," kata Nurdin.

"Faktor utama penyebab munculnya krisis karakter bangsa, adalah karena masyarakat kita sudah mengalami hak serta kewajiban di hadapan hukum pemerintah," sebut Nurdin.

Katanya, untuk menjaga eksistensi suatu bangsa dan keutuhan negara, diperlukan perencanaan program pembangunan sebagai upaya penyejahteraan dan kemakmuran bagi rakyatnya.

"Program pembangunan harus dilandasi pada prinsip kerakyatan, dengan memberi peran dan partatisipasi yang luas bagi rakyat dalam berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah," demikian ujar Nurdin.

Turut hadir dalam kegiatan kegiatan pemantapan nilai sejarah, karakter, dan wawasan kebangsaan diantaranya, Syahrizal Fauzi, S. STP, M. AP Asiaten Bidang Pemerintah Setdakab Aceh Timur, Kepala Badan Kesbangpol Aceh Timur Adlinsyah, S. Sos. M. AP, Plt Kabid Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Nurdin, S. Sos dan Ketua GBN (Gerakan Bela Negara) Provinsi Aceh Drh. Baharuddin Al-Habsy serta tamu undangan lainnya. (Kir).


Related

Riau 8922890722682511079

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item