Disdukcapil Sasar Sekolah Kejar Target Rekam KTP-el

Selasa, 15 Oktober 2019
Teks Foto: Petugas melakukan perekaman e-KTP di SMAN 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (15/10) pagi. Photo Dok. Bagian Humas & Protokoler Setdakab Aceh Timur.
IDI, RIAUPUBLIK.COM-- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Timur, menyasar SMA/SMK/MA Se-Aceh Timur, untuk melakukan perekaman e-KTP terhadap siswa/i yang sudah berusia diatas 17 tahun. Hal itu dilakukan sebagai program jemput bola untuk memudahkan siswa/i dalam mengurus identitas diri ke Disdukcapil.

"Petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sedang menggiatkan program 'jemput bola' melakukan perekaman e-KTP ke SMA/SMK/MA, karena jenjang ini siswa Kelas XI dan XII rata-rata berusia 17 tahun lebih," kata Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib, SH, melalui Kadisdukcapil Aceh Timur, Amiruddin NN, SH, disela-sela Perekaman e-KTP di SMAN 1 Idi, Selasa (15/10).

Bukan hanya SMAN Idi, namun pihaknya juga telah menyasar sejumlah SMA/SMK dan MA lain dalam Kabupaten Aceh Timur. Tujuannya adalah semata-mata untuk mengejar target perekaman e-KTP didaerah itu. "Program ini sebagai upaya untuk mewujudkan target perekaman e-KTP tuntas 100 persen terhadap penduduk Aceh Timur," kata Amiruddin.

Program tersebut dianggap cara yang lebih efektif dibandingkan siswa harus meninggalkan proses pembelajaran untuk mengurus e-KTP di kecamatan atau ke Kantor Disdukcapil. "Setelah perekaman, petugas langsung memberikan KTP-el atau Surat Keterangan (Suket)," tambah Amiruddin.

Disisi lain, waktu yang dibutuhkan juga sangat efesien, karena mulai dari tanda tangan, rekam sidik jari, iris mata hingga foto wajah, hanya membutuhkan 4-5 menit sudah selesai dan siswa/i sudah bisa kembali ke kelas untuk melanjutkan pembelajaran.

"Seluruh penduduk harus memiliki identitas diri, karena ini program nasional yang harus dituntaskan. usia 0-17 tahun kurang sehari diberikan Kartu Identitas Anak (KIA). Dan Usia 17 tahun ke atas diberikan KTP-elektronik. Semua ini demi terdatanya seluruh penduduk didaerah kita khususnya," tutup Amiruddin NN, SH. (kir).



Related

Ekonomi 80241382507536183

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item