Disdukcapil Sasar Sekolah Kejar Target Rekam KTP-el

Selasa, 15 Oktober 2019
Teks Foto: Petugas melakukan perekaman e-KTP di SMAN 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (15/10) pagi. Photo Dok. Bagian Humas & Protokoler Setdakab Aceh Timur.
IDI, RIAUPUBLIK.COM-- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Timur, menyasar SMA/SMK/MA Se-Aceh Timur, untuk melakukan perekaman e-KTP terhadap siswa/i yang sudah berusia diatas 17 tahun. Hal itu dilakukan sebagai program jemput bola untuk memudahkan siswa/i dalam mengurus identitas diri ke Disdukcapil.

"Petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sedang menggiatkan program 'jemput bola' melakukan perekaman e-KTP ke SMA/SMK/MA, karena jenjang ini siswa Kelas XI dan XII rata-rata berusia 17 tahun lebih," kata Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib, SH, melalui Kadisdukcapil Aceh Timur, Amiruddin NN, SH, disela-sela Perekaman e-KTP di SMAN 1 Idi, Selasa (15/10).

Bukan hanya SMAN Idi, namun pihaknya juga telah menyasar sejumlah SMA/SMK dan MA lain dalam Kabupaten Aceh Timur. Tujuannya adalah semata-mata untuk mengejar target perekaman e-KTP didaerah itu. "Program ini sebagai upaya untuk mewujudkan target perekaman e-KTP tuntas 100 persen terhadap penduduk Aceh Timur," kata Amiruddin.

Program tersebut dianggap cara yang lebih efektif dibandingkan siswa harus meninggalkan proses pembelajaran untuk mengurus e-KTP di kecamatan atau ke Kantor Disdukcapil. "Setelah perekaman, petugas langsung memberikan KTP-el atau Surat Keterangan (Suket)," tambah Amiruddin.

Disisi lain, waktu yang dibutuhkan juga sangat efesien, karena mulai dari tanda tangan, rekam sidik jari, iris mata hingga foto wajah, hanya membutuhkan 4-5 menit sudah selesai dan siswa/i sudah bisa kembali ke kelas untuk melanjutkan pembelajaran.

"Seluruh penduduk harus memiliki identitas diri, karena ini program nasional yang harus dituntaskan. usia 0-17 tahun kurang sehari diberikan Kartu Identitas Anak (KIA). Dan Usia 17 tahun ke atas diberikan KTP-elektronik. Semua ini demi terdatanya seluruh penduduk didaerah kita khususnya," tutup Amiruddin NN, SH. (kir).



Related

Ekonomi 80241382507536183

Posting Komentar

emo-but-icon

Polri

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item