SKGR Bermasalah Diduga Ada Mafia Lahan, Ds. Sagala: Camat..! Panggil Kades Dan Perangkat Desa Pandau Jaya Dan Pihak Sengketa Lahan

Sabtu, 3 Agustus 2019
PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM- Tanah adalah suatu hak yang tidak lepas dari kehidupan manusia. Falsafah Indonesia dalam konsep hubungan antara manusia dengan tanah menempatkan individu sebagai suatu kesatuan yang tidak terpisahkan bahwa pemenuhan kebutuhan seseorang terhadap tanah diletakkan dalam kerangka kebutuhan seluruh masyarakat sehingga hubungannya tidak bersifat individualistis semata, tetapi lebih bersifat kolektif dengan tetap memberikan tempat dan penghormatan terhadap hak perseorangan.

Dengan berlakunya hukum  agraria yang bersifat nasional (Undang-Undang No. 5 Tahun 1960) maka terhadap tanah-tanah dengan hak barat maupun tanah-tanah dengan hak adat harus dicarikan padanannya di dalam UUPA.

Tanah itu sendiri untuk dapat dikatakan sah menurut hukum haruslah memiliki sertifikat.

SKGR ini dibuat oleh pihak- pihak yang berkepentingan, yaitu pihak yang tanahnya diganti rugi (penggarap) dan pihak yang memberikan kerugian (pembeli).

Prosesnya cukup sederhana, dimulai dengan kesaksian Ketua Rukun Tetangga (RT), Ketua Rukun Warga (RW), kemudian diketahui oleh Kepala Dusun, disetujui oleh kepala desa atau kepala lurah dan seterusnya dikuatkan  oleh camat serta saksi-saksi.

Kali ini kasus sengketa lahan berada di desa pandau jaya kec siak hulu kab kampar, ada 2 SKGR dengan lokasi tanah yang sama, masing masing mengklaim lahan milik mereka.

"kita menduga ada mafia lahan, pertanyan nya kenapa bisa keluar skgr di tanah yang sama."Cetus Ds Sagala. 

Lebih lanjut Ds. Sagala menceritakan pernah turun langsung ke lokasi mendamping emi susilawati Dalimunte waktu itu, Kepala Desa Pandau Jaya,  Kecamatan Siak Hulu, Firdaus Roza memfasilitasi perselisihan kepemilikan lahan antara Emi Susilawati Dalimunte dengan David Silalahi,  Kamis (25/7/2019) ke lokasi tanah,  di Jalan Len 2, RT 01/RW 02, Desa Pandau Jaya,  Kecamatan Siak Hulu. 

Kemudian hadir juga,  Ketua RW 002 Dusun 1 Pandau Makmur Junjung Siregar,  mantan Ketua RW  2 Ramkutih,  mantan RT 01 Budianto,  dan David Silalahi.

Dalam pertemuan tersebut sempat alot. Karena David Silalahi berkeras bahwa tanah seluas 50x200 meter persegi itu miliknya dengan bukti SKGR tanggal 19 April 2018.

Sedangkan perwakilan keluarga Emi Susilawati  Dalimunte juga menyatakan lahan ini miliknya,  dengan bukti surat keterangan ganti rugi (SKGR) tanggal 19 Mei 2011.

Sedangkan kades mengatakan waktu itu akan mencari bukti bukti untuk mencari tau kebenaran.  Sempadan tanah yang terjadi saat ini antara Emi Susilawati Dalimunte dan David Silalahi.  Selanjutnya,  kita akan hadirkan sempadan dalam pertemuan berikutnya.

"dalam mediasi PS dapat di simpulkan emi susilawati dalam mediasi terus menghadirkan sepadan tanah nya dan mantan ketua RT 002 dan juga mantan ketua RW 002, sedangkan Davit Silalahi hanya bersama ketua RW 002 makmur junjung siregar menjabat sekarang, dapat di simpulkan kepala desa tidak berani memberikan keputusan untuk kasus lahan tersebut."Ucapnya Ds Sagala.

Kembali di sambungnya."saya tegaskan supaya ranah sengketa lahan ini, camat siak hulu segera memanggil perangkat desa dan kepala desa pandau jaya juga  kedua pihak sengketa, agar memberikan kepastian serta keterangan admistrasi lahan tersebut karena ada muncul 2  SKGR di lahan yang sama... Kembali saya tegaskan camat siak hulu kab kampar segera dan secepatnya selesaikan sengketa ini."Tegaskan Ketua DPP LPPNRI riau.

Atas pemasalahan sengketa lahan di desa pandau jaya, Rpc mengkonfirmasi orang no 1 kab kampar bupati catur melalui WA nya, sayang nya catur hanya menjawap,"Tks Dinda Info nya.  Diketahui ternyaata Catur bupati kampar menunaikan ibadah Haji di tanah suci info yang di rangkum kominfo kab kampar saat di pertanyakan keberadan bupati oleh Rpc. r07

Related

kampar 5242902961450468873

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item