Ngesti Tinjau Hari Pertama Pelaksanaan UNBK di Natuna

Selasa, 02 April 2019
NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, meninjau secara langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna. Senin (01/04/2019) siang.

Dalam peninjauannya tersebut, Wabup Ngesti menemukan berbagai kendala saat pelaksanaan UNBK berlangsung. Salah satunya adalah dengan kurangnya peralatan bagi siswa-siswi untuk mengikuti UNBK, yaitu perangkat Komputer.

"Pelaksanaannya sudah baik. Setiap sekolah pun sudah mempersiapkan UNBK ini dengan maksimal. Baik dari segi sarana dan pembekalan bagi siswa-siswinya. Namun sayangnya Komputernya kurang," ungkap Ngesti, kepada sejumlah awak media.

Namun, kata Ngesti, hal tersebut tidak menjadi penghalang berarti, bagi setiap sekolah untuk melaksanakan UNBK tahun 2019. Karena, pihak sekolah sendiri telah memberlakukan system bergelombang, bagi setiap anak didiknya yang berjuang pada ujian penentuan kelulusan tersebut.

"Jadi ada yang masuk pagi dan ada yang masuk siang. Artinya meski komputernya kurang, namun masih bisa disiasati oleh pihak sekolah," katanya.

Menanggapi masalah kurangnya persediaan komputer untuk pelaksanaan UNBK, Ngesti menyebut bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), tidak bisa berbuat banyak. Karena, sambung dia, saat ini masalah Pendidikan ditingkat SLTA, sudah menjadi kewenangan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Kita tidak boleh lagi melakukan pengadaan komputer bagi sekolah SMA melalui APBD Natuna, karena itu sudah menjadi kewenangnnya Provinsi, bukan di kita lagi. Ngajukan pun tidak boleh lagi, yang boleh mengajukan hanya pihak sekolah," terangnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku akan mengupayakan bantuan pengadaan komputer melalui program Corporate Social Responcibility (CSR) dari Perusahaan yang bergerak dibidang Hulu Migas, Telekomunikasi maupun Perbankan, yang mengembangkan usahanya di Natuna.

"Nanti kita akan usahakan melalui CSR. Selain itu, kita juga akan mendorong pihak Dinas Pendidikan Kepri, agar memberikan bantuan komputer kepada setiap sekolah SMA di Natuna. Supaya tahun depan kita sudah bisa seratus persen mengikuti UNBK," imbuhnya.

Ia pun menyampaikan, bahwa terkait  listrik dan sarana internet, tidak akan ada masalah. Karena pihak PLN Rayon Ranai dan Diskominfo Natuna, mengaku telah siap untuk menyukseskan UNBK tahun ini.

UNBK yang dilaksanakan selama empat hari itu, yaitu dari tanggal 01 hingga 04 April 2019 tersebut, diikuti oleh sebanyak 859 peserta dari berbagai SLTA sederajat di Kabupaten Natuna. (Win)

Related

Natuna 1541163668107503614

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item