Semarak Acara Malam Hiburan Ritual Bakar Tongkan ,Dengan Di hadiri Artis Luar Taiwan


Sabtu,  30 Juni 2018
Sugianto atau sering disapa (raja baut) memberikan replika kapal tongkang kepada Bupati H Suyatno AMp
RIAUPUBLIK.COM, Bagan-Siapiapi- Pada Jumat (29/6/2018) malam Bupati Rokan Hilir, H Suyatno AMp menghadiri acara malam panggung ritual bakar tongkang yang di hibur artis asal negeri Taiwan. Acara digelar di Aula IP Plaza Bagansiapiapi

Dalam sambutan Bupati Rohil H Suyatno AMp,  menceritakan secara singkat terjadinya sejarah bakar tongkang di Bagansiapiapi.

"Awalnya 18 orang perantau asal Tiongkok itu mengarungi lautan dan berjanji tidak akan kembali lagi ke daerah ke tanah leluhurnya. Maka ditenggelamkan lah kapal tongkang itu. Lama-kelamaan 18 orang itu mendarat ke darat dan bermukim bertempat tinggal namanya Bagansiapiapi. Itulah sejarah yang mengatakan demikian,"ujar Bupati. 
Menurut Suyatno, acara Bakar Tongkang merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya ini, kalau tidak ada pak raja baut Pak Kapolda bersama donatur lainnya jangan mimpi seperti ini ramainya ini sehingga dapat mengundang artis-artis dari luar negeri.

Acara malam ritual bakar tongkang yang juga dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Nandang mengatakan, bahwa besok Kota Bagansiapiapi akan dibanjiri lautan manusia khususnya masyarakat Tionghoa yang akan mengikuti prosesi ritual bakar tongkang.

Bupati juga mendoakan agar Kapolda beserta istri dan rombongan selama menetap di Kota Bagansiapiapi dalam keadaan sehat walafiat.

"Dan terima kasih kepada Ibu dari salah satu kementerian pariwisata Republik Indonesia ini tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya dan ini merupakan aset provinsi Riau khususnya Kabupaten Rokan Hilir dan acara Bakar Tongkang ini ini sudah merupakan event nasional jadi setiap tahun di mana-mana masyarakat ini hanya bukan hanya datang dari Indonesia tapi dari belahan mancanegara hari ini bersama-sama kita di Kota Bagansiapiapi," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga mengucapkan terimakasih kepada pihak keamanan baik TNI/Polri.

"Saya mengucapkan terimakasih banyak mudah-mudahan selama kegiatan ritual Bakar Tongkang Kota Bagansiapiapi dalam keadaan kondusif aman sesuai dengan rencana. Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan," sebut Bupati sembari melantunkan sebuah lagu nostalgia bernada Hokian.

 Dalam kesempatan itu pemilik IP Plaza, Sugianto atau sering disapa (raja baut) memberikan replika kapal tongkang kepada Bupati Suyatno dan kepada Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang. (rls/Jum )

Related

Rohil 7830099752819543135

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item