Wweii...! 5 Perusahan Diperiksa KPK Terkait Kasus Korupsi Zumi Zola

Senin, 16 April 2018
JAKARTA, RIAUPUBLIK.Com-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa tujuh orang sebagai saksi untuk Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola, tersangka kasus suap terkait dengan izin proyek di Provinsi Jambi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan ketujuh saksi itu mewakili lima perusahaan. "Dua di antaranya merupakan Direktur Utama," kata dia di KPK pada Senin, 16 April 2018.

Para saksi yang dipanggil adalah Direktur Utama PT Merangin Karya, Ismail Ibrahim beserta stafnya bernama Nano; Direktur Utama PT Usaha Batanghari, Abdul Kadir; Direktur PT Hendy Mega Pratama, Irawan Nasutio; Direktur PT Blistik Jaya, Djamino dan Direktur PT Dua Putri Persada Fatmawati. Turut dipanggil antara lain Hardono alias Aliang.

Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberi suap Rp 6 miliar terkait dengan izin proyek di Provinsi Jambi. Zumi ditetapkan sebagai tersangka sejak 2 Februari 2018. Selain Zumi, pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Arfan ditetapkan sebagai tersangka untuk kasus yang sama.


Keduanya diduga akan menggunakan uang itu untuk menyuap sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jambi demi memuluskan pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi tahun anggaran 2018.

Kasus suap ini terungkap saat KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada 28 November 2017 di Jambi dan Jakarta. Dalam operasi itu, KPK menangkap 16 orang dan total uang sekitar Rp 4,7 miliar. Uang tersebut diduga bagian dari total Rp 6 miliar yang akan diberikan kepada sejumlah anggota DPRD.










Tempo//Riaupublik

Related

Hukrim 6104637467878863898

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item