Bupati Aceh Timur Buka Musrembang Gampong di kecamatan darul ikhsan,

Rabu, 17 Januari 2018
Foto:  Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib saat memberikan kata sambutan dan arahan pada pelaksanaan musrembang Gampong Lhok Dalam, Kecamatan Darul Ikhsan,Aceh Timur
IDI, RIAUPUBLIK.Com – Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H.M. Thaib yang akrab disapa Rocky membuka Musyawarah musrembang Perencanaan  Pembangunan Desa (Musrembang Desa), Gampong Lhok Dalam Kecamatan Darul Ikhsan, Aceh Timur. Musrembang tersebut dilaksanakan di Menasah Gampong setempat, Rabu 17/1/2018.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib mengatakan, musrembang Gampong adalah Forum Musyawarah Tahunan para pemangku kepentingan (Stakeholder) Gampong untuk menyepakati  Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKP Gampong) tahun anggaran yang direncakan,” katanya.
Foto: Tampak para kepala SKPK dalam lingkungan pemerintahan aceh timur serta para camat dalam wilayah kabupaten Aceh Timur sedang mengikuti musrembang Gampong Lhok Dalam, Kecamatan Darul ikhsan,Aceh Timur.
Musrembang yang kita laksanakan hari ini merupakan amanat dari Permendagri nomor 114 Tahun 2014, bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembang Desa) diselenggarakan oleh kepala desa untuk membahas dan menyepakati rancangan RKP desa sebagai penjabaran rencana pembangunan jangak menengah desa,” terang H. Hasballah.

“Melalui musrembang kebutuhan masyarakat yang sifatnya berskala gampong akan dibiayai sumber dana APBG dan kegiatan berskala Kabupaten dilaksanakan oleh kabupaten melalui dana APBK serta skala Provinsi akan dibiayai sumber dana APBA dan berskala nasional akan dibiayai oleh dana APBN,” terang H. Hasballah.

Lebih lanjut Bupati Aceh Timur meyampaikan, bahwa penggunaan dana gampong harus memberikan manfa'at yang sebesar-besarnya dengan memprioritaskan kegiatan pembangunan dan pemeberdayaan masyarakat gampong yang bersifat mendesak untuk dilaksanakan serta lebih dibutuhkan dan berhubungan langsung dengan kepentingan sebagian besar masyarakat gampong,” katanya.
Oleh karena itu, diharapkan untuk memprioritaskan dana gampong yakni untuk rehab rumah tidak layak huni bagi masyarakat miskin, bantuan kepada dayah dan balai pengajian sesuai kebutuhannya, rehab insfrastruktur jalan dan perawatanya, pemeliharaan asset gampong.

Bahkan pengembangan perekonomian masyarakat dengan memanfa'atkan pontensi dan sumberdaya yang ada, kegiatan yang bermanfaat bagi penanggulangan kemiskinan masyarakat, membuka lapangan kerja dan peningkatan sumberdaya manusia (SDM) masyarakat serta pengembangan BUMG berdasarkan potensi gampong masing-masing dan kegiatan yang bermanfaat bagi peningkatan kesehatan dan pendidikan serta sosial dasar masyarakat sesuai dengan kewenangan gampong,” ungkap H. Hasballah.

Sebelum mengakhiri sambutan dan arahannya, Bupati Aceh Timur mengharapkan melalui musrembang ini kepada Gampong Lhok Dalam agar dapat merumuskan program-program dan kegiatan kerjasama antar gampong yang berbatas dengan gampong-gampong yang berbatasan langsung. Dengan demikian akan terwujud intergrasi pembagunan antara gampong,” ujarnya.

Kepada para camat saya intruksikan untuk melakukan hal serupa pada musrembang gampong diwilayah kecamata masing-masing. “Musrembang Gampong adalah ruh pembangunan karena ia merupakan pondasi awal dalam perencanaan pembangunan agar terlihat efektif dan efisien,”demikian pungkas H. Hasballah Bin H.M. Thaib Bupati Aceh Timur.


Pada musrembang gampong L:hok Dalam, Kecamatan darul Ikhsan Kabupaten Aceh Timur, turut dihadiri diantaranya, Dr. Maimun Kepala Bappeda, Drs. Zahri Asisten I pemerintahan setdakab Aceh Timur, para SKPK dilingkungan Pemeritahan Aceh Timur, para camat diwilayah Aceh Timur, para ketua Forum Keuchik dalam Kecamatan setempat serta tokoh agama dan pemuda serta tokoh masyarakat. (***)

Related

Ekonomi 5272326750928367323

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item