Mendagri Tjahjo Kumolo: Pilkada, Balon Gubernur Yang Maju Harus Berikan Edukasi Positif Pada Publik

Selasa, 17 Oktober 2017

JAKARTA, RIAUPUBLIK.Com-- Presiden RI Joko Widodo berpesan agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 mendatang jangan sampai memecah belah masyarakat. Karena itu, pemetaan terhadapan area rawan konflik harus diantisipasi sejak ini.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pasangan calon yang maju pada pilkada nanti juga harus memberikan edukasi positif kepada publik. Misal dengan kampanye adu program dan hindari ujaran kebencian, apalagi fitnah.
"Jangan kampanye yang mengumbar isu SARA (suku agama ras dan antargolongan), tapi bagaimana menyusun program yang baik untuk masyarakat," kata Tjahjo di Semarang pada Rakornas Camat. 
Kemudian, para pasangan calon, kata dia juga harus komitmen dengan proses demokrasi ini. Artinya, mereka harus menjunjung tinggi kontestasi politik dengan siap menang dan kalah. Bila merasa dirugikan, maka ikuti mekanisme hukum.
Ia juga menyinggung soal tindakan anarkis yang dilakukan oleh oknum warga Tolikara yang diduga menjadi pendukung pasangan calon kalah pilkada di kabupaten tersebut, merupakan luapan emosi 'salah alamat'.
"Tapi jangan pelampiasannya terus 'menampar' Kemendagri. Soal dia nuntut keadilan, ya itu ke KPU, ke Bawaslu, ke MK. Ini kan mekanisme hukum yang harus dipahami," ujar dia.
Terkait potensi kerawanan Pilkada, Menurut Tjahjo, untuk antisipasinya, semua pihak harus bersinergi menjaga kondusifitas daerah. Bukan hanya peran pemda, penyelenggara pemilu dan Polri, namun juga parpol, pasangan calon dan timses.

"Saya yakin, KPU, Bawaslu, Kepolisian, BIN dan pemda sudah petakan, masing-masing daerah mana yang bisa timbulkan kerawanan," ujar Tjahjo.(rls)

Related

Politik 6305231002749195664

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item