Alhamdulillah, 4 Puskesmas di Rohil Raih Predikat Akreditasi Madya

Minggu, 24/09/2017 - 14:47:59 WIB

BAGANSIAPIAPI, RIAPUBLIK.COM-- Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) beberapa bulan lalu telah mengajukan 4 Puskesmas untuk diakreditasikan pada Tahun 2017. Setelah melalui proses pendampingan dan penilaian oleh tim surveyor, akhirnya 4 Puskesmas di Rokan Hilir meraih predikat Akreditasi Madya.

"Alhamdulillah, 4 Puskesmas kita di Rokan Hilir memperoleh Akreditasi Madya yakni Puskesmas Bagansiapiapi, Puskesmas Bagan Punak, Puskesmas Sinaboi dan Puskesmas Sedinginan. Namun, Saat ini masih dalam bentuk pemberitahuan melalui email yang disampaikan oleh pihak Kementerian Kesehatan ke Dinas Kesehatan Rohil. Mungkin sertifikatnya akan diserahkan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2017 nanti," kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Hj Dahniar, MKes, akhir pekan kemarin, di Bagansiapiapi.

Dikatakan, tahun ini Dinas Kesehatan Rohil sebutnya juga akan mengajukan 2 Puskesmas lagi untuk diakreditasikan yakni Puskesmas Tanah Putih Tanjung Melawan dan Puskesmas Balai Jaya.  

Hal ini sesuai Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 bahwa seluruh Puskesmas harus memberikan pelayanan yang komprehenshif, artinya seluruh Puskesmas itu harus bisa memberikan pelayanan standart yang ditentukan oleh akreditasi," jelas Dahniar.

Untuk proses akreditasi, menurut Dahniar, pihak Puskesmas harus menyiapkan berbagai elemen seperti persiapan administrasi. Administrasi upaya pelayanan kesehatan perorangan, ada kesehatan masyarakat. Penilaian akan dilakukan oleh tim penilai yang disebut tim surveyor. Untuk tingkatan akreditasi puskesmas ada 5 tingkatan, yang pertama tidak terakreditasi, yang kedua akreditasi dasar, yang ke tiga akreditasi madya , keempat utama dan kelima paripurna.

Untuk mendapatkan akreditasi Madya, mantan Asisten IV Sekdakab Rohil ini mengaku perlu kerja keras seluruh tim dengan kekompakan, disiplin serta managemen yang baik. Akhirnya menghasilkan akreditasi puskesmas tingkat Madya.

Penulis: jum.

Related

Rohil 483815442500063635

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item