Inspiratif, Polisi di Meranti Sulap Motor Dinas Jadi Perpustakaan Keliling


RIAUPUBLIK.COM, MERANTI - Sebagai upaya meningkatkan minat baca anak, seorang polisi yang bertugas di Polsek Rangsang, Kepulauan Meranti, menyulap motor dinasnya menjadi perpustakaan mini keliling.

Adalah Brigadir Khairi, Bhabinkamtibmas Desa Sendaur,  Kecamatan Rangsang Pesisir. Ia memanfaatkan motornya untuk membantu anak-anak di desa binaan agar bisa mengakses perpustakaan.

Khairi sendiri, memodifikasi motor dinasnya sebagai perpustakaan keliling dengan memasang sebuah boks besar di belakang motor. Boks itu kemudian diisi berbagai buku bacaan seperti buku cerita anak, buku pelajaran dan lainnya yang diambil dari perpustakaan desa setempat.

"Ini saya lakukan semata-mata untuk meningkatkan pendidikan anak-anak terutama yang berada di pelosok. Saya tidak ingin ada anak di daerah ini kesulitan untuk membaca, apalagi karena kurangnya sarana buku bacaan," kata Khairi, Minggu (5/12).

Khairi berkeliling untuk menjangkau anak-anak di desa itu pada waktu luang di antara tugasnya sebagai polisi. 

"Saat saya tidak sibuk dan melihat ada anak-anak yang berkumpul, saya langsung singgah dan mengajak mereka untuk membaca buku-buku yang saya bawa," sambungnya.

Kedatangannya pun disambut dengan ceria oleh anak-anak. Karena di tengah situasi pandemi Covid-19, Khairi juga mengedukasi pentingnya protokol kesehatan. Dia bahkan membagikan masker sebelum kegiatan baca-baca buku dimulai.

"Alhamdulillah antusiasme anak-anak juga cukup tinggi. Terutama siswa SD yang kelas rendah seperti kelas satu, dua dan tiga karena mereka merasa penasaran dengan koleksi buku-buku yang saya bawa," sebut Khairi.

Upaya yang dilakukan Brigadir Khairi ini mendapat respon positif dari Kepala Desa Sendaur, Ardianto Sthi MM. Dia mengapresiasi upaya yang dilakukan Brigadir Khairi dalam meningkatkan minat baca anak-anak di desa tersebut.

"Tentu kami sangat mendukung dan support apa yang dilakukan oleh Brigadir Khairi, karena selain menjaga kamtibmas juga berinisiatif untuk mencerdaskan anak bangsa dan ini bukti kepeduliannya dalam meningkatkan mutu pendidikan," kata Ardianto.

Apresiasi juga datang dari Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH. Kata Andi Yul, yang dilakukan oleh Brigadir Khairi merupakan ide kreatif dan terobosan sebagai upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Karena selain melakukan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) lanjutnya, dalam hal ini Bhabinkamtibmas juga ikut berperan mencerdaskan anak bangsa walaupun dengan pola dan cara yang sangat sederhana. 

"Apa yang dilakukan oleh Brigadir Khairi ini hendaknya menjadi contoh bagi personel yang lain," ungkap Andi Yul(Adi/Rls).

Related

Meranti 2924561535388449557

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item