Wabup Rahil H.Sulaiman Hadiri Hari Disabilitas Internasional

Selasa 7 Desember 2021


RIAUPUBLIK.COM, ROKANHILIR-- Pengurus Kabupaten Special Olympics Indonesia (SOIna) Rokan Hilir (Rohil) menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2021 yang dipusatkan di depan Kantor BPKAD, Selasa (7/12/2021).

Dengan mengambil tema "Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca COVID-19" peringatan HDI tingkat Kabupaten Rohil dihadiri secara langsung Wabup Rohil H. Sulaiman bersama Wakil ketua PKK Sari Eka Rahmi yang juga merupakan pembina SOIna.

Wabup Rohil dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari disabilitas tahun 2021 yang menjadi momentum untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas. 

Peringatan ini sebutnya, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap bermacam ragam persoalan penyandang disabilitas, menghilangkan stigma dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan," jelas H. Sulaiman.

Tatanan dunia yang inklusif kata Wabup, merupakan hal yang penting untuk merubah cara pandang masyarakat terhadap isu disabilitas. Disabilitas tidak lagi dipandang sebagai suatu keterbatasan fungsi tetapi sebagai sebuah interaksi antara keterbatasan fungsi dan hambatan lingkungannya," kata Wabup.

Hambatan lingkungan dapat berupa penerimaan masyarakat peraturan dan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menyokong penyandang disabilitas, agar dapat berperan dan berpartisipasi aktif sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan," ujar Wabup.

Selain itu lanjut Wabup, penyandang disabilitas dapat diberikan akses dan kesempatan yang sama dengan orang non disabilitas sehingga dapat menjadi bagian dari pembangunan bangsa," imbuhnya.

"Pemerintah pada saat ini semakin memperhatikan kebutuhan disabilitas untuk mempermudah akses gerak mereka kita ingin secara terus menerus meningkatkan kesetaraan kesempatan aksesibilitas bagi mereka," kata Wabup. 

Peringatan hari disabilitas sebutnya, menjadi satu titik untuk kembali melihat, mengakui, memahami serta menunjukkan keberadaan mereka serta dapat mewakili sisi kelebihan dan kemampuan penyandang disabilitas dalam berbagai bidang untuk disuguhkan kepada masyarakat luas yang sangat heterogen.

"Semoga dengan peringatan ini membuat kita semua untuk menyadari betapa pentingnya perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di semua sisi kehidupan. Penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik yang sempurna," terangnya. 

Di Indonesia sendiri tambah Wabup, komitmen pelaksanaan penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas terwujud dengan lahirnya undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. 

Dalam UU itu ada 24 hak penyandang disabilitas yang diatur. Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban untuk merealisasikan hak-hak tersebut termasuk menjamin pemenuhan hak untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, pekerjaan, politik, kebudayaan dan kepariwisataan serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 

"Saya secara pribadi dan institusi sangat mendukung kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan dampak yang positif bagi peningkatan kualitas pengabdian pengurus SOIna Kabupaten Rokan Hilir dalam situasi saat ini," jelasnya. 

Untuk Kabupaten Rohil sendiri kata Wabup, akan senantiasa memberikan perhatian khusus terhadap para anak penyandang disabilitas dari berbagai segi. 

Ia juga mengingatkan, agar seluruh elemen selalu memberikan senyuman kepada para penyandang disabilitas. Sebab katanya, dengan senyuman akan memberikan semangat dan kegembiraan bagi para penyandang disabilitas. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para guru maupun wali murid anak-anak penyandang disabilitas. Perbanyak sabar dalam merawat mereka," Pungkasnya. 

Peringatan hari Disabilitas Nasional itu juga dihadiri beberapa kepala OPD, puluhan anak Disabilitas serta berbagai unsur lainnya. 

Dalam peringatan itu, para anak disabilitas juga menampilkan seni budaya kreasi dan olahraga berupa senam tari lagu dan fashion show dan penampilan hasil kreasi penyandang disabilitas. ( Jum )

Related

Rohil 8673751325088435978

Posting Komentar

emo-but-icon

Bareskrim

Siak

Siak

Iklan

Iklan

Ikln

Ikln

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item