Koperasi Rejosari bangkit disaat Krisis global


PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM-- Koperasi Serba Usaha Rejosari tetap eksis  bagi anggotanya yang bergerak dibidang Usaha Kecil Menengah (UMKM) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, karena koperasi justru dinilai menjadi penyelamat baik bagi anggota maupun dalam kontribusi terhadap ekonomi nasional secara keseluruhan.

Menurut ketua Koperasi Serba Usaha ( KSU ) Rejosari Hj. Elwi Spd, “Koperasi tidak hanya bermanfaat di kondisi normal, tapi di tengah krisis, sudah menjadi penyelamat bagi anggota dan ekonomi nasional. Gotong royong, tenggang rasa, senasib sepenanggungan.

Dalam Laporan Rapat Akhir Tahun ( RAT ) 2020 KSU Rejosari di umur ke 32 tahun semakin dewasa  menjadi sektor ekonomi masyarakat yang sangat didambakan bagi sektor UMKM terutama di kota pekanbatu.

Hal ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh pengurus koperasi harus bahu membahu bersama anggota koperasi sehingga wujud kerja keras wujudkan koperasi sehat di kota Pekanbaru.

Lebih lanjut Hj. Elwi menjelaskan Koperasi KSU Rejosari yang didirikan tanggal 12 April 1988 dari koperasi PKK dengan Modal Awal (Aset) Rp 94.500. Berbadan Hukum tanggal 30 Maret 1999 simpanan pokok hanya Rp 10.000, simpanan wajib Rp 10.000 sampai saat ini. 

Di usia 32 tahun dengan rentang waktu yang cukup panjang pengurus senantiasa berkerja keras dengan iklas untuk mewujudkan misi koperasi menjadi koperasi yang HANDAL DAN TANGGUH SEBAGAI EKONOMI KERAKYATAN YANG MENSEJAHTERAKAN ANGGOTANNYA. 

Salah satu kunci Misi ini terwujud dengan melaksanakan KEPATUHAN TERHADAP PRINSIP KOPERASI  salah satunya PRINSIP KEMANDIRIAN.

Di Tahun Buku 31 Desember 2020 KSU Rejosari telah memiliki aset                          Rp 8.147.999.258 jumlah anggota 310 Orang Pinjaman maksimum Rp 250.000.000 NPL 1,1%.

Bulan maret tahun 2020 Situasi Pandemi Covid-19 melanda dunia bahkan  Indonesia, wabah corona telah memporak porandakan Ekonomi Nasional, Daya Beli Masyarakat Menurun, Perusahaan-perusahaan  dan Mol-Mol banyak di tutup Pengangguran meningkat. Segala macam upaya telah di lakukan Pemerintah untuk memulihkan ekonomi Nasional membantu UKM dan memberikan Pinjaman berupa Program Percepatan  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk 100 koperasi se Indonesia salah satunya adalah Koperasi KSU Rejosari untuk Provinsi Riau.

Sebagai kepedulian covid-19 KSU Rejosari telah menyalurkan bantuan kepada anggota masyarakat berupa beras sebanyak 3,5 Ton.

Tahun 2021 mulai Bulan Januari jasa pinjaman diturunkan dari 1,5% menjadi 1,3%.

Pengurus, Pengawas dan Anggota Koperasi KSU Rejosari sangat bersyukur di situasi sulit seperti ini hanya berdampak dalam pengembalian pinjaman  ±  3 bulan sampai saat ini sudah kembali Normal.

Untuk Pelaksanaan RAT Tahun Buku 31 Desember 2020 KSU Rejosari melaksanakan hanya di wakili 50 Orang termasuk undangan dan anggota lain dapat  mengikuti melalui meeting zoom.

Dengan RAT ini kami menyampaikan terimakasih kepada pemerintah melalui Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UKM Provinsi Riau, Dinas Koperasi Kota Pekanbaru Dan Kepala Cabang LPDB Provinsi Riau yang telah mempercayakan dana Pemerintah kepada KSU Rejosari. Semoga kedepan KSU Rejosari dapat meningkatkan Unit usahanya dan dapat berbagi ilmu dengan Koperasi lain.

Untuk mencapai Kemandirian mulai Tahun 1996 sampai sekarang tahun 2021 Koperasi KSU Rejosari Tampil PD dengan status berhutang dengan memanfaatkan dana pihak ke 3 dari pemerintah melalui dana APBN dan LPDB, semua pinjaman ditahun 2020 sudah dilunasi KSU Rejosari seperti :

1. Pinjaman subsi BBM tahun 2001 selama 10 tahun total pinjaman 100 juta sudah lunas

2. Pinjaman Ekonomi Kerakyatan ( APBN ) tahun 2003 selama 3 tahun total pinjaman 85 juta lunas

3. Dana Hibah 2010 50 juta

4. Pinjaman LPDB Kementria  tahun 2011 selama 5 tahun total pinjaman 500 juta lunas

5. Pinjaman LPDB Kementria  tahun 2014 selama 5 tahun total pinjaman 3 Milyar lunas

6. Pinjaman BTN tahun 2014 selama 3 tahun total pinjman 1 milyar 250 juta lunas

7. Pinjaman LPDB Kementria  tahun 2020 selama 2 tahun total pinjaman 900 juta proses cicilan

KSU Rejosari selain mendapatkan koperasi berperstasi mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional tahun 2015.

Menerima kunjungan atau studi banding dari koperasi lain.

Diklat Spam Baso se Sumatra

Kepala dinas koperasi dan UMKM

Kota pasuruan (jawa timur) bersama staf dan gerakan koperasi

Koperasi dari Lubuk Jambi

Koperasi Sumatra painan

DPR Kep Riau

Lembaga keuangan bank riau

Bank nagari Pengadaian


KSU Rejosari menjadi acuan tempat penelitian bagi Mahsiwa dan Mahasiswi yang ada di kota Pekanbaru.

Tempat penelitian bagi :

UNRI -     POLITEKNIK KALTEK

UMRI -     STIE

UIR

Telah di percayai oleh Kampus dan Sekolah untuk tempat latihan lapangan

Dalam sambutan kepala dinas koperasi dan umkm Dr. idrus SAg MAg 

Mengharapkan kepada seluruh koperasi yang ada di kota pekanbaru wajib hukumnya melakukan melakukan RAT karena ini salah satu rapor sehat atau tidak sehatnya sebuah koperasi. Untuk itu dia berharap agar koperasi koperasi yang ada di kota pekanbaru bisa belajar di koperasi serba usaha rejosari agar bangkitnya koperasi di pekanbaru bisa mensejahterakan masyarakat terutama anggota koperasi terutama UMKM. ***

Related

Pekanbaru 5114918300965375791

Posting Komentar

emo-but-icon

PKB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item