Indikasi TSM Pilkada Inhu 2020, Muncul 92 Persen Partisipasi Pemilih Satu Desa di Kecamatan Rakit Kulim

INHU, RIAUPUBLIK.COM - Tiga tempat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terdapat di Desa Bukit Indah Kecamatan Rakit Kulim bisa dikategorikan berhasil mengajak masyarakat ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Indragiri hulu (Inhu)-Riau tahun 2020, dari jumlah Daptar Pemilih Tetap (DPT) 863, sebanyak 798 DPT datang ke TPS dengan persentasi 92 persen.

Tingginya persentasi pemilih yang terdaftar di DPT datang ke tiga TPS di Desa Bukit Indah tersebut, bukan mendapatkan apresiasi namun, menjadi perbincangan di tengah masyarakat setempat, bahkan 92 persen masyarakat datang ke TPS desa Bukit Indah menjadi isu hangat di kalangan tokoh politik Inhu.

Informasi yang berhasil di himpun wartawan Selasa (15/12/2020) dari sejumlah sumber di Desa Bukit Indah, Kepala Desa Bukit Indah Wawan dan Camat Rakit Kulim Nursisman diduga terlibat dan berpihak memenangkan Terstruktur Sistematis dan Masif (TSM) Pasangan calon bupati Inhu Rezita Meylani-Junaidi Rachman (Rajut) nomor urut 2 di desa Bukit Indah.

Untuk memenangkan Rajut nomor urut 2, Wawan yang diketahui Kades Bukit Indah mencairkan bantuan Covid-19 selama tiga bulan senilai Rp9 ratus ribu, dicairkan dua hari di Desa Bukit Indah menjelang hari pemilihan bupati Inhu 9 Desember 2020.

"Kami menerima Rp6 ratus ribu bantuan Covid-19 dari dana desa jelang pemilihan, sisanya Rp3 ratus ribu dijanjikan setelah pemilu dan total bantuan Covid-19 dari desa Bukit Indah akan diserahkan tiga bulan seluruhnya setelah pemilu," ujar salah satu warga Desa Bukit Indah yang namanya minta dirahasiakan.

Kemudian, dimalam setelah pemilihan itu Kades Wawan sekitar pukul 03 dinihari mendatangi rumah KPPS namun, tujuan Kades mendatangi rumah KPPD tidak diketahui apa tujuan kedatangan kades Wawan ke KPPS.

Bantuan yang diterima warga Desa Bukit Indah menjelang pemilu diantaranya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan Covid-19, dari bantuan yang disalurkan itu melibatkan perangkat desa. "Masyarakat saling berpesan, kalau tidak pilih Rajut nomor 2, bantuan PKH, bantuan dana Covid-19 dan bantuan BLT tidak dapat lagi," ujar warga yang lainya.

Hari bersamaan Selasa (15/12/2020) terlihat sebuah mobil mobil plat merah BM 8088 B jenis Toyota Hilux milik Pemda Inhu sedang mondar mandir di Desa Bukit Indah, tidak tau  kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh Pemda Inhu menggunakan mobil plat merah tersebut. 

Hingga berita ini diterbitkan, kepala desa Bukit Indah Wawan dan Camat Rakit Kulim Nursisman yang sebelumnya sebagai kepala dinas sosial Kabupaten Inhu yang ditugaskan sebagai Camat Rakit Kulim 4 hari menjelang hari pencoblosan. 

Camat Rakit Kulim Nursisman sebelumnya juga pernah menjabat camat di Kecamatan Rakit Kulim, banyak anggapan dikembakianya Nursisman menjadi Camat diduga kuat untuk melakukan kegiatan pemenangan TSM terhadap paslon Rajut nomor urut 2. "Kami disini kenal dengan pak Nursisman, dia jadi camat lagi di sini," ujar warga lainya. 

Sebelum Pasangan calon (Paslon) bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meilany-Junaidi Rachmad (Rajut) nomor urut 2 resmi dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Inhu. Paslon Rajut dilaporkan karena diduga melibatkan 179 Kepala desa (Kades), Lurah dan pejabat daerah serta Sekda Inhu di Pilkada Inhu 2020.

Laporan resmi ke Bawaslu Inhu disampaikan tim Paslon koalisi Keumatan Inhu Bangkit dan Sejahtera lewat Robby Ardhi didampingi penasihat hukumnya Dr. Maruli Tua Manik, SHi, SH,. MH, CLA Eri Surya Wibowo, SH yang saat itu diterima oleh anggota komisioner Bawaslu Inhu Akhmad Khairuddin, Minggu (13/12/2020) sore, tentang adanya pergerakan pemenangan Rajut nomor urut 2 Terstruktur Sistematis dan Masif (TSM).

Laporan Robby Ardi ke Bawaslu Inhu dengan nomor laporan 007/PL/PB/Kap/04.05/XII/2020 tentang laporan dugaan pelanggaran pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu 2020. ***

Related

Politik 1353996976216988978

Posting Komentar

emo-but-icon

Bareskrim

Siak

Siak

Kapolres Rohil

Kapolres Rohil

KASAD

KASAD

Ikln

Ikln

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item