Wakil dan Anggota DPRD Natuna Kunker ke Bunguran Batubi

NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna, Jarmin Sidik, beserta anggota DPRD Natuna dari Dapil III, Ibrahim dan Lamhot Sijabat, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Bunguran Batubi, pada Senin (03/08/2020) kemarin.

Kunker tersebut dilaksanakan sejumlah wakil rakyat, untuk menghadiri pertemuan dengan masyarakat Batubi, terkait masalah legalitas kepemilikan lahan yang dihibahkan Pemerintah kepada warga transmigrasi di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sebelumnya ratusan masyarakat transmigrasi dari Kecamatan Bunguran Batubi telah mendatangi DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, untuk membahas masalah legalitas lahan usaha dua (LU2), yang tak kunjung dikeluarkan sertifikatnya oleh Pemerintah, sehingga belum bisa dikuasai sepenuhnya oleh masyarakat.

"Kepemilikan sertifikat lahan bagi masyarakat sangat penting. Karena dengan bukti kepemilikan yang sah, masyarakat akan merasa lebih aman dalam mengelola lahan untuk meningkatkan kesejahteraan, baik pada sektor pertanian maupun perkebunan," tegas Jarmin.

Sementara itu Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, yang juga hadir dalam kesempatan itu menyebutkan, bahwa ada beberapa hal terkait permasalahan yang ada di Kecamatan Bunguran Batubi, diantaranya masalah lahan, asset (bangunan masa Kementerian Transmigrasi terdahulu) dan proses sertifikat tanah transmigrasi yang selama ini belum juga tuntas.

Namun demikian, sesuai janji politik yang diutarakan dari awal kepemimpinan Hamid-Ngesti, dimana salah satu point penting yang ingin dicapai adalah mengurai permasalahan yang dihadapi masyarakat Bunguran Batubi selama ini, terutama terkait legalitas kepemilikan lahan LU2 masyarakat setempat.

"Dan Alhamdulillah secara bertahap, proses sertifikasi lahan masyarakat transmigrasi dan pemindahan neraca asset mulai menemukan titik terang. Dimana sebagian sertifikat tanah sudah  diterbitkan oleh BPN," ucap Ngesti.

Sebelumnya, Ngesti juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah pernah menerima surat dari pihak Kementerian Transmigrasi, dimana salah satu pointnya yaitu memberikan hak pembinaan atas masyarakat transmigrasi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Disnakertrans Natuna, Hussyaini, perwakilan BPN Natuna, Camat Bunguran Batubi, Said Muhammad Fadli, para Kepala Desa se Bunguran Batubi serta masyarakat transmigrasi. (***)

Related

Natuna 5079364736235346345

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item