Sektor Perekonomian Natuna Terimbas Covid-19, Fraksi PNR Beri Saran ke Pemkab Natuna

NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Natuna. Belum lama ini menggelar rapat paripurna pendapat akhir fraksi terhadap rancangan  Perubahan APBD Natuna Tahun Anggaran 2020.

Dalam kesempatan itu, masing-masing fraksi pun bergantian menyampaikan pendapatnya terhadap Rancangan APBD-P sebelum disetujui bersama dengan Bupati natuna.

Salah satunya adalah Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat  (PNR) yang turut memberikan Sumbang Pikiran dan Saran Kepada Pemkab Natuna.

Pendapat Fraksi gabungan antara Partai PDI Perjuangan dengan HANURA ini, dibacakan oleh Ibrahim sebagai Sekretaris Fraksi PNR.

" Sebelum sampai pada sikap akhir, Ijinkanlah Fraksi kami menyampaikan beberapa sumbang pikiran, saran dan pendapat," kata Ibrahim.

Menurut Fraksi PNR, pandemi global Covid-19 yang juga melanda Indonesia, berdampak pada daerah, dan berimbas kepada perekonomian Masyarakat Kabupaten Natuna. 

Hal ini dikarenakan, Pemerintah melakukan rasionalisasi anggaran yang diperuntukan untuk penangan Covid-19.

"Perekonomian sebagian masyarakat saat ini bergantung pada APBD Natuna. Sehingga PNR berpendapat, ini merupakan tantangan utama pemda dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang mampu menyerap tenaga kerja, serta berdampak pada penurunan pengangguran dan kemiskinan," tutur Ibrahim.

Masih kata Ibrahim membacakan pendapat fraksinya, terkait dana yang dianggarkan untuk penanggulangan covid-19. PNR menyarankan agar pengelolaan dana tersebut mengedepankan prinsip transparan, sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mengakses informasi penggunaan anggaran itu.

"Supaya tidak menimbulkan opini di tengah masyarakat, dan tentunya kami berharap agar pengelolaan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Ibrahim.

Selain itu, dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, Fraksi PNR meminta Pemkab Natuna untuk mendorong sektor perikanan secara tegas masuk dalam kategori prioritas pembangunan.

"Disamping dapat menggerakan ekonomi lokal juga bisa mengurangi angka kemiskinan, karena sebagian Masyarakat Natuna bekerja di sektor perikanan," imbuh Ibrahim .

Pada akhirnya, setelah menyampaikan sumbang pikiran dan pendapat, Fraksi PNR dapat menyetujui rancangan Perubahan APBD Natuna Tahun Anggaran 2020 menjadi Peraturan Daerah. (***)

Related

Natuna 439539683451637971

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item