Azi Minta Pemkab Natuna Mengeksplorasi Potensi Daerah

NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Fraksi Golkar DPRD Natuna menuangkan pendapat dan sarannya kepada Pemkab Natuna, dalam Rapat Paripurna Rancangan Perda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, belum lama ini.

"Pemerintah daerah harus menggunakan anggaran perubahan ini dengan efektif dan efisien di sisa waktu tahun angggaran," kata Azi, Sekretaris Fraksi Golkar membacakan pendapat fraksinya.

Diruang paripurna yang turut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Natuna itu, Fraksi Golkar juga meminta pemda agar dapat melakukan upaya inovasi dalam mengeksplorasi potensi unggulan daerah.

" Mengeksplorasi potensi daerah guna meningkatkan Pendapat Asli Daerah(PAD) terutama dari sektor perikanan dan kelautan serta pariwisata bahari," tutur Azi.

Diakhir pendapatnya, Fraksi Golkar juga meminta agar pemda menghindari segala bentuk penyelewengan dan penyalahgunaan anggaran yang tidak semestinya.

Sementara itu, setelah mendengar masing-masing fraksi DPRD menyampaikan pendapat, kini giliran Bupati Natuna menyampaikan pidato nya.

"Pendapat yang disampaikan DPRD akan kami realisasikan dan menjadikan catatan penting untuk pertimbangan dalam penyusunan agenda kerja kedepan," kata Bupati Natuana, Abdul Hamid Rizal.

Hamid Rizal pun menyinggung salah satu pendapat dari fraksi DPRD Natuna, terkait pengelolaan potensi perikanan dan kelautan serta pariwisata bahari. 

"Ada masukan yang sangat bagus dan berharga, namun UU 23 tidak memberikan kita wewenang. Zona pertambangan, sektor kelautan, dan pariwisata bahari itu wewenang provinsi, ijinnya sama gubernur," terang Hamid.

Menurut Hamid, UU nomor 23 tentang Pemerinta Daerah juga "mengkebiri" wewenang Kabupaten. Untuk sektor perikanan misalnya, hanya budidaya ikan air tawar dapat dikelola pemda, berbanding terbalik dengan keadaan geografis Natuna yang 98 persennya merupakan lautan.

Meski demikian, menurut Hamid pendapat dari DPRD akan diupayakan dalam merealisasikan ke pembangunan guna memberi pelayanan prima ke masyarakat. (***)

Related

Natuna 3619006507156067730

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item