Dinilai Efektif Tangani BLT-DD, Camat Tebingtinggi Apresiasi Kinerja Pemdes Alah Air

Selasa, 19 Mei 2020
Saat pertemuan Camat dan Pemdes berlangsung dikantor Desa Alahair, Selasa (19/5/2020)
MERANTI, RIAUPUBLIK.COM- Camat Tebingtinggi Rayan Pribadi SH, mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) Alahair dalam melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 bulan April tahun 2020.

Hal itu disampaikan Mantan Camat Tebingtinggi Timur pada kegiatan Penyaluran  BLT kepada 169 KK secara simbolis di kantor Desa Alahair, Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti, pada Selasa (19/5/2020).

"Desa Alahair merupakan desa yang paling efektif dan cukup baik dalam rangka pemetaan dan mengidentifikasi baik masyarakat yang layak dibantu maupun menerima aduan masyarakat yang menanyakan hak dan bantuan yang mereka dapatkan. Karena berdasarkan laporan, hampir tidak ada saya menerima laporan karena semuanya telah dapat diselesaikan di Desa. Riak-riak sedikit dan agak tegang-tegang sedikit biasa, tetapi putus di selesaikan di level di Desa," ujar Rayan mengapresiasi yang sambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir saat itu.

Dijelaskan Rayan, yang mengetahui dan menentukan layak tidaknya mendapatkan bantuan bukan camat, karena kecamatan hanya merekap usulan desa dan kelurahan yang telah dibahas dari kepala desa, musdes maupun muskec.

"Camat tidak punya kapasitas untuk mencoret karena tidak tau bentuk masyarakat yang layak atau tidak. Kemudian, bantuan Covid ini bukan kuota-kuotaan atau jatah-jatahan tetapi hak orang yang dianggap layak mendapat bantuan," jelasnya.

Rayan juga mengimbau masyarakat untuk tidak semata-mata bergantung pada bantuan pemerintah karena sifatnya hanya membantu untuk sementara atau tiga bulan ke depan.

"Mudah-mudahan diberikan kemudahan dan kegiatan ini berjalan dengan lancar, kemudian bantuan ini tolong digunakan sesuai kebutuhan bukan keinginan," ingat Rayan.

Sementara itu Kades Alahair, Edy Amin S.Pdi menjelaskan bahwa setelah dilakukan penyerahan secara simbolis kepada 15 orang, penyaluran juga dilakukan dengan mendatangi rumah warga yang sakit sebanyak 5 orang yang kemudian sisanya dilakukan penyerahan di kantor desa yang dibagi sebanyak 6 sesi dan persesi berjumlah 28-30 orang. (Kz)

"Untuk mengindari dari kerumunan warga saat menerima bantuan, maka kita jadwalkan dengan 6 sesi. Pembagiannya tetap di kantor desa dan dimulai hari ini, InsyaAllah besok sudah selesai," ujarnya.

Dijelaskan Edy Amin bahwa Alahair merupakan desa terbanyak penerima BLT-DD dari sejumlah desa se-Kepulauan Meranti yang telah menyalurkan bantuan tersebut.

"Semoga bantuan ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19," harapnya.

Dalam kegiatan penyaluran tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kepulauan Meranti, H. Edy M. Nur, SH M.Si,  Pendamping Desa, M Yasin, Hamimah S Com, Sri Zulmiati St dan Nuraini SE, Pendamping PKH, Tomo, Babinsa, Serda Irpan dan Babinkamtibmas, Brigadir Mukhtar. [rls/kz]

Related

Meranti 8245211636387193945

Posting Komentar

emo-but-icon

Polri

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item