Evet Wisata Religi Teluk Gong Punya Sejarah di Raja Bejamu Sinaboi Rohil.


Senin, 27 April// 4 Mei 2020   22:30 Wib
RIAUPUBLIK.COM- Event wisata relegi jejamu toluk gong raja bejamu di hadiri oleh Bupati kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno. Tampak hadir camat Sinaboi TM Hasyim,S.Sos, ketua LAM Kecamatan Sinaboi H.Zainal Abidin, ketua MUI Rohil Ucok Indra,Sag, mantan anggota DPRD Rohil M.Ridwan dan Haryanto Karim, penghulu Raja Bejamu Mustar,Spd dan masyarakat. Jejamu toluk gong ini sekaligus kenduri puisi oleh komunitas seni rumah sunting Pekanbaru dan presiden penyair perempuan Indonesia beserta rombongan. Peresmian Event wisata relegi ini ditandai dengan pemukulan gong besar oleh Bupati Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno.
"Alhamdulillah hari ini kita meresmikan salah satu objek pariwisata religius yang ada di Sinaboy  tepatnya di kepenghuluan Raja Bejamu,"ujar Suyatno ketika ditemui seusai acara Jejamu Telok Gong, Sabtu (22/02/2020).

Dijelaskannya, masyarakat sangat antusias menghadiri pada saat peresmian even wisata relegi Jejamu Telok Gong di kepenghuluan Raja Bejamu ini. Lanjutnya Suyatno mengatakan  wisata relegi dan kenduri puisi ini atas kerjasama dengan budayawan provinsi riau yang juga tadi hadir yang merupakan para senior provinsi riau untuk membantu dalam rangka mengembangkan bidang pariwisata religius.
"Alhamdulillah masyarakat cukup antusias. Saya berterima kasih kepada camat, para tokoh masyarakat, datuk penguhulu, para tokoh pemuda yang kesemuanya mendukung program ini sehingga nanti tepatnya pada tanggal dua puluh dua Februari setiap tahun kita rayakan,"ujarnya.

Orang nomor satu di kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menginginkan pelaksanaan wisata relegi Telok Gong ini jangan sampai putus. Oleh sebab itu, lanjut Suyatno, untuk itu dia akan membangun jalan akses ke lokasi wisata relegi Telok Gong.

"Kita masuk tadi akses jalan ini sangat memprihatinkan sekali ini tidak bisa kita biarkan. Ini harus kita bangun. Kita bangun tahun ini,"terang Suyatno.

Dalam kesempatan ini, Suyatno juga telah berkonsultasi dengan pihak PLN Rohil agar aliran listrik masuk ke lokasi wisata Telok Gong ini.
"Insya Allah dia akan bantu memasukkan tiang dan arus listrik,'ujarnya.

Bupati Suyatno menjelaskan bahwa wisata relegi Telok Gong di Raja Bejamu ini seperti batang terendam yang dibangkitkan kembali.

"Kita minta petunjuk dan berdoa kepada Allah subhanahu wa taala semoga kegiatan hari ini berjalan lancar,"katanya kemudian.

Dalam kesempatan ini, Suyatno  minta kepada tokoh-tokoh masyarakat supaya daerah lokasi wisata tersebut disemah kembali.

"Kita minta kepada orang orang tua kita yang ada di sini agar lokasi ini disemah secara adat agar nanti orang yang datang ramai-ramai kemari tidak terganggu hal hal di luar kehendak kita. Kita minta kepada Allah supaya daerah ini disemah lagi,"ujarnya.
Dia juga akan melaksanakan program normalisasi sungai. Kemudian membuat lokasi Telok Gong sebagai tempat destinasi wisata religi baru.

"Saya sangat tertarik dengan pohon nipah nipah ini yang sangat luar biasa dibandingkan dengan pohon nipah yang lain  agak sedikit berbeda. Ini perlu dilestarikan, dijaga dan ini tidak boleh ditebang oleh masyarakat. Saya tetap berkonsentrasi pada daerah ini sebagai lokasi wisata melalui dinas pariwisata,"tandasnya. ( ADV/Dinas Pariwisata/ Jum)

Related

Rohil 5474816448199841179

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item