Kabid Ekonomi Bapeda Rohil Ahmad Sukri hadiri Musrimbang Di Kecamatan Batu Hampar

Selasa, 11 Feb 2020 - 13:12:14 WIB
BATUHAMPAR(ROHIL), RIAUPUBLIK.COM-- Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tingkat kecamatan Batu Hampar di gelar di aula kantor Camat jalan lintas Bagansiapiapi.

Hadir saat itu wakil ketua Basiran Nur Efendi, anggota DPRD Rohil H.Jasmadi,SE dan Hermawan, camat, penghulu, kapolsek danramil, instansi dan OPD dilingkungan Rohil.

Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang disampaikan Kabid ekonomi Bapeda Rohil, Ahmad Sukri menjelaskan musrenbang dan RKPD ini merupakan suatu rangkaian dalam rangka pengusulan kegiatan untuk tahun 2021 dan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Batu Hampar beserta seluruh masyarakat.

agenda musyawarah rencana pembangunan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021 di Kecamatan Batu Hampar merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kepentingan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing.

"Partisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting,"tuturnya.

Lanjutnya mengatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan dengan melibatkan pemangku kepentingan.

"Untuk kepentingan Pembangunan Daerah yang bahagian pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju ke undang-undang No 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis dan operatif,"katanya.

aspiratif yang datang dari masyarakat merupakan upaya jaringan cara masukan dari instansi terkait maupun kelompok organisasi masyarakat untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah yang telah disusun. Hal ini, lanjutnya, bermaksud untuk perencanaan pembangunan partisipatif menjadi sebuah program kerja yang bersifat strategis maka diperlukan adanya komitmen yang kuat dari berbagai stakeholder.

"Untuk tahun 2021 merupakan tahun terakhir bagi pemerintah Kabupaten dalam rangka pencapaian visi pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir yaitu terwujudnya Rokan Hilir sebagai kawasan industri guna menuju masyarakat madani dan Mandiri Sejahtera,"ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya menegaskan, penyusunan RKPD Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021 harus lebih cepat dan efektif serta mampu menjawab permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat, strategis, terarah dan sesuai dengan tema yang sama yaitu memanfaatkan pemberdayaan ekonomi daerah untuk pertama peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengurangan kemiskinan dan kedua peningkatan pelayanan dasar pembangunan kapasitas birokrasi pemerintahan, ketiga meningkatkan pembangunan infrastruktur sesuai dengan pemerintah daerah. Keempat meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis potensi daerah dan kelima meningkatkan pemberdayaan desa dan ekonomi kreatif di pedesaan.

Dari 5 tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat, meningkatkan sumber daya aparatur sipil negara di Kabupaten Rokan Hilir, membuka peluang kerja, mengurangi pengangguran dengan memberdayakan ekonomi lokal yang berbasis potensi unggulan daerah, meningkatkan keterampilan masyarakat dan meningkatkan nilai tambah produk hasil pertanian perkebunan perikanan peternakan dan industri kreatif serta didukung dengan berharap kepada seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk mengarahkan rencana kerjanya dan arah kebijakan pembangunan daerah akan lebih terarah dan tepat sasaran serta mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Bapak-bapak ibu-ibu yang berbahagia dan seluruh peserta musrenbang RKPD di Kecamatan Batu Ampar, Saya ucapkan selamat bermusyawarah dan berdiskusi dengan harapan terwujudnya keterpaduan dan sinkronisasi perencanaan pembangunan sehingga menghas. *

Related

Rohil 4721858048878188551

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item