DPRD Natuna Hearing Bersama Lintas OPD, Bahas Pemekaran Desa dan Kecamatan

NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Hari ini, Kamis (30/01/2020) siang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna kembali memanggil lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. Diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Inspektorat, Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), Bagian Hukum dan Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) Setda Natuna.

Pemanggilan tersebut dilakukan pihak DPRD Natuna, menyusul belum adanya titik terang mengenai usulan pemekaran terhadap 20 Desa persiapan dan 3 Kecamatan baru yang ada di Kabupaten Natuna. Ke tiga Kecamatan tersebut diantaranya adalah Kecamatan Pulau Seluan yang kini masuk kedalam wilayah administratif Kecamatan Bunguran Utara, Pulau Panjang di Subi dan Sungai Ulu di Bunguran Timur.

Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik, yang memimpin langsung hearing tersebut menjelaskan, bahwa pihak legislatif sebagai pejabat politik, memiliki amanah dan tanggungjawab atas aspirasi yang disampaikan masyarakat melalui lembaga parlemen itu, terutama menyangkut adanya usulan pemekaran sejumlah Desa dan Kecamatan baru, yang menjadi salah satu aspirasi masyarakat di Daerah Ujung Utara NKRI tersebut.

"Kita minta dasar hukum penambahan 20 Desa dan 3 Kecamatan baru. Namun belum bisa direalisasikan, karena terbentur dengan aturan. Kami ingin Pemerintah Daerah memiliki solusi lain, paling tidak bisa menjelaskan langsung ke masyarakat tentang permasalahannya," ucap Jarmin saat memimpin sidang.

Politisi Partai Gerindra itu meminta agar Pemerintah Daerah dapat melibatkan lembaga legislatif, dalam setiap pelaksanaan program kegiatan, termasuk dalam proses pembahasan mengenai perjuangan pemekaran Desa dan Kecamatan baru di Natuna. Misalnya ketika OPD terkait ingin mendatangkan tim kajian maupun evaluasi pemekaran suatu wilayah di Kabupaten Natuna.

"Mohonlah DPMD libatkan kami setiap ingin menurunkan tim kajian, agar kami bisa ikut mengawal. Mari kita sama-sama memperjuangkan pemekaran Desa dan Kecamatan ini," pinta Jarmin.

Anggota Komisi III DPRD Natuna, Junaidi membeberkan, bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), telah mensetujui pemekarkan lebih dari 400 Desa/Kelurahan Baru diseluruh Indonesia, hanya dalam kurun waktu sekitar 2 tahun.

"Coba dicek apa dasar hukumnya, siapa tahu kita juga bisa mendapatkan celah untuk memekarkan Desa dan Kecamatan di daerah kita. Saya yakin, jika kita mau, barang ini bisa terealisasi," kata Junaidi.

Karena kata Junaidi, pemekaran sebuah Desa tidak akan menjadi beban bagi APBD maupun APBN. Hanya saja jatah dari setiap Desa yang telah ada, itu yang akan berkurang untuk membantu beberapa Desa persiapan yang telah dimekarkan.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar, sempat menyinggung bahwa pemekaran Desa dan Kecamatan ini merupakan janji kampanye Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, saat masih menjadi Calon Bupati pada Pilkada Natuna 2016 silam.

"Kalau tahun 2021 baru dianggarkan untuk proses pemekaran ini, berarti itu sudah Bupati baru, bos. Berarti selama lima tahun kepemimpinan Bupati, beliau tak bisa membuktikan janjinya," cetus Wan Aris, dengan nada tinggi.

Politisi Partai Nasdem itu mengungkapkan, bahwa selama ini Pemerintah Daerah hanya menghabiskan anggaran untuk membuat kajian-kajian pemekaran, namun belum mampu menampakkan hasil apapun.

"Kami di DPRD ini juga bertanggungjawab atas penggunaan anggaran itu, lho. Kalau diantara 20 Desa maupun 3 Kecamatan tak ada satupun yang berhasil dimekarkan, jadi uang besar selama ini untuk apa, kalau hasilnya nol terus," sebut Wan Aris, agak kesal.

Sementara itu Lamhot Sijabat, juga Anggota DPRD Natuna dari Komisi III, menyarankan, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dapat memanfaatkan situasi saat ini, dimana daerah berjuluk Mutiara Diujung Utara itu sedang mendapatkan perhatian penuh dari sejumlah Lembaga dan Kementerian ditingkat Pemerintah Pusat, lantaran adanya konflik antara China dan RI di ZEE sekitar perairan Laut Natuna Utara.

"Jika kita ikuti aturan, barang ini tak akan jadi. Cobalah kita manfaatkan situasi yang terjadi saat ini, mumpung kita sedang diperhatikan oleh Pemerintah Pusat. Kalau kita terus berusaha, saya yakin bakal masuk barang itu," ujar Jabat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMD Natuna, Anrizal Zen menyebutkan, bahwa sebelumnya pihaknya telah menurunkan Tim Kajian dari STISIPOL untuk melakukan pengkajian terhadap pemekaran wilayah Kecamatan, dan Tim Kajian dari UMRAH untuk melakukan kajian terhadap pemekaran Desa persiapan.

Kata dia, berdasarkan hasil kajian dari para tim, bahwa secara letak geografis dan luas wilayahnya sudah layak untuk dimekarkan. Namun berdasarkan jumlah penduduk, belum ada yang memenuhi persyaratan.

Sebab sesuai peraturan perundang-undangan, jumlah penduduk bagi Desa/Kelurahan yang ingin memekarkan wilayahnya, minimal harus memiliki jumlah penduduk sebanyak 4000 jiwa, dari 800 kepala keluarga (KK).

"Yang pasti kami tidak ada sedikitpun niat untuk mencoba menghambat proses pemekaran ini. Kami juga terus berjuang agar barang ini jadi. Tapi akan kita usahakan terus, dan kami akan ke Kemendagri untuk mencari solusinya," janji Anrizal Zen.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pembentukan Desa dilakukan melalui Desa persiapan. Desa persiapan merupakan bagian dari wilayah Desa induk. Desa persiapan dapat ditingkatkan statusnya menjadi Desa dalam jangka waktu 1 sampai 3 tahun. Peningkatan status dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi.

Pada prinsipnya pemekaran Desa dibenarkan oleh Undang-undang, selama alur pemekaran Desa dilakukan sesuai dengan prosedur atau mekanisme yang tidak bertentangan dengan Pembentukan Desa, yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah dengan mempertimbangkan prakarsa masyarakat Desa, asal usul, adat istiadat, kondisi sosial budaya masyarakat desa, serta kemampuan dan potensi desa. (***)

Related

Natuna 145348089704635133

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item