Tim Polda Aceh Temukan Tempat Penyalahgunaan BBM di Pidie dan Pidie Jaya

Senin, 23 Desember 2019
ACEH, RIAUPUBLIK.COM-- Tim gabungan dari Subdit I Indagsi dan Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Aceh berhasil menemukan lima lokasi di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya yang menjadi tempat penyalahgunaan BBM.

Demikian kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono, S.I K., M.Si dalam siaran persnya, Senin (23/12).

Dikatakan Kabid Humas, penemuan 5 lokasi sebagai tempat penyalahgunaan BBM tersebut berdasarkan informasi masyarakat kepada petugas dan kemudian petugas mengamankannya pada Jum'at (20/12) sekira pukul 05.00 Wib.

Penyalahgunaan BBM yang diduga berasal dari SPBU di wilayah Pidie dan diduga dilakukan beberapa orang, jelas Kabid Humas.

Selain itu, modus operandinya adalah, mereka menerima minyak/BBM dari Peurulak, Aceh Timur yang diduga diambil dari sumur-sumur BBM ilegal, membeli BBM subsidi jenis solar dan premium dari SPBU-SPBU yang berada di sekitar tempat tinggal para terduga dan mereka melakukan pengolahan BBM yang berasal dari Peurelak, Aceh Timur dengan memberikan campuran pewarna untuk menghasilkan BBM seperti premium, kata Kabid Humas.

TKP yang ditemukan petugas yang pertama adalah di lorong Meunasah Gampong Karieng, Mutiara Timur, Pidie dan petugas mengamakan seorang tersangka berinisial M alias L dan barang bukti lainnya berupa, 3 Fiber warna putih yang berisi premium sebanyak lebih kurang 3000 liter,  1 fiber warna putih yang berisi minyak tanah sebanyak lebih kurang 1000 liter, 2 drum ukuran 220 liter yang berisi minyak tanah sebanyak lebih kurang 420 liter, 1 drum ukuran 220 liter yang berisi minyak tanah sebanyak lebih kurang 100 liter, 8 drum ukuran 220 liter yang berisi premium lebih kurang 1760 liter, 4 drum kosong, 10 jerigen ukuran 40 liter yang berisi sebanyak 400 liter premium, 1 mesin pompa merk Bamboo, 1 mesin pompa merk Robin, 1 tangki modifikasi, 1 corong minyak, 2 buah kaleng kosong pewarna minyak Coloursea Solvent Brilliant Yellow-10 dan 1 buah drum yang dipotong, kata Kabid Humas.

Kemudian di TKP yang kedua, yaitu di Gampong Jumpoi Adan, Mutiara Timur, Pidie  dan petugas mengamankan seorang tersangka berinisial M Bin S dan  mengamankan barang bukti berupa,  1 unit mobil merk Toyota Type Kijang Super KF40 warna merah metalik, 4 buah tangki fiber warna putih berisi BBM jenis premium (bensin)  sebanyak lebih kurang 4000 liter, 2 buah drum BBM jenis minyak tanah sebanyak lebih kurang 430 liter, 1 buah tangki fiber warna putih berisikan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak lebih kurang 500 liter dan 2 unit mesin pompa merk Jaya Motor warna merah putih, kata Kabid Humas.

TKP ketiga adalah di Gampong Meunasah Paru Cot, Bandar Baru, Pidie Jaya dan petugas mengamankan seorang tersangka berisial SA dan barang bukti berupa 99 jerigen ukuran 35 liter sebanyak 3465 liter bahan bakar jenis solar, 1 unit mobil Pick Up merk ISUZU warna hitam, dan2 drum ukuran 220 liter yang berisi minyak tanah sebanyak lebih kurang 420 liter, jelas Kabid Humas.

Kemudian TKP keempat adalah di Gampong Meunasah Yaman, Mutiara, Pidie dan petugas mengamankan sejumlah barang buktinya berupa, 1unit mobil merk Daihatsu Grand Max warna putih, dan 11 buah jerigen warna putih berisikan BBM jenis Premium (bensin) sebanyak lebih kurang 3500 liter, kata Kabid Humas.

Selanjutnya, TKP kelima adalah di Gampong Meunasah Bineh Alue, Mutiara Timur, Pidie dan petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa, 1 unit mobil merk Mitsubhisi L300 warna hitam, 4 buah jerigen warna putih berisikan BBM jenis solar sebanyak lebih kurang 90 liter, 3 drum plastik warna biru kosong dan 1 mesin pompa, sebut Kabid Humas.

Dari hasil penyalahgunaan BBM tersebut, mereka menjual ke kios-kios kecil atau penjual eceran di pinggir jalan, kata Kabid Humas.

Untuk itu dihimbau kepada masyarakat bila ingin membeli BBM, belilah di SPBU-SPBU yang resmi untuk menjamin kualitas BBM, kata Kabid Humas lagi.(MJ)

Related

Riau 8445305633544397611

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item