Resmi Dikukuhkan, Rony Samudra Pimpin DPC HNSI Meranti Perioade 2019-2024

Kamis, 12 Desember 2019
MERANTI, RIAUPUBLIK.COM - Dewan Pengurus Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Meranti 2019-2024 resmi dikukuhkan, terpilih sebagai Ketua DPC HNSI Meranti Rony Samudra SH yang dilantik langsung oleh Ketua Harian HNSI Provinsi Riau Jufriyan, bertempat di Ballroom Hotel Grand Meranti, Kamis (12/12/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPD HNSI Provinsi Riau Mangansa Panjaitan, Ketua Harian HNSI Provinsi Riau Jufriyan, Sekretaris HIPSI Provinsi Riau Gunawan, Ketua DPC HNSI Meranti Roni Samudra, Sekretaris DPC HNSI Meranti Mohd. Qadafi, Perwakilan Imigrasi, Perwakilan Koramil Selatpanjang, Perwakilan KSOP Selatpanjang, Wakil Ketua I MUI Meranti Asep Darul Taqim, Tokoh Masyarakat/Adat/Agama dan lainnya.

Sekedar informasi, Pelantikan Pengurus DPC HNSI Kepulauan Meranti masa bakti 2019-2024 dilakukan langsung oleh Ketua DPD HNSI Provinsi Riau yang ditandai dengan penyerahan bendera Petaka kepada Ketua DPC HNSI terpilih Rony Samudra SH.

Mengawali sambutannya Assisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner SPd MSi, mewakili Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada pengurus DPC HNSI Meranti yang baru saja dilantik. Ia berharap DPC HNSI Meranti dapat menjalankan perannya dalam mewadahi kepentingan Nelayan di Kepulauan Meranti dan Pemkab. Meranti ditegaskan H. Rosdaner siap bersinergi dengan HNSI dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nelayan.

"Semoga kedepan terjalin sinergitas yang baik antara HNSI dengan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kedaulatan Nelayan di Meranti," ujarnya.

Salanjutnya dikatakan H. Rosdaner, dengan telah terbentuknya DPC HNSI Meranti tentunya dapat memberikan masukan dan saran kepada Pemerintah Daerah terkait apa saja yang dibutuhkan oleh Nelayan. Dengan begitu jenis bantuan yang tiap tahun digulirkan benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran.

"Kita juga membuka diri atas saran dan masukan dari HNSI terkait pemberian bantuan kepada masyarakat Nelayan agar bantuan yang diberikan memberikan manfaat maksimal bagi kesejahteraan Nelayan dan yang terpenting tepat sasaran,"ungkapnya.

Dihadapan para pengurus DPC HNSI Meranti dan perwakilan Nelayan Se-Meranti, Asisten III Sekda juga menyinggung pentingnya menjaga silahturahmi persatuan dan kesatuan antar masyarakat Nelayan, masyarakat Nelayan dengan Pemerintan Daerah karena dengan begitu diyakini semua persoalan yang dihadapi dapat dituntaskan.

"Jagan lupa selalu jaga Silahturahmi Persatuan dan Kesatuan antar kita, kami dari Pemerintah Daerah akan mendukung program-program pro rakyat yang dilaksanakan oleh DPC HNSI Meranti," pungkas H. Rosdaner.

Sementara itu, Ketua DPD HNSI Provinsi Riau Mangansa Panjaitan mengungkapkan, Pelantikan Pengurus DPC HNSI ini merupakan awal yang baik bagi Meranti dalam memperjuangkan nasip Nelayan karena sepeti diketahui Meranti merupakan wilayah pesisir yang mana sebagian besar masyarakatnya bermata pencarian sebagai Nelayan atau menggantungkan hidupnya di Laut.

"Semoga DPC HNSI Meranti mampu melakukan Pembinaan dan Pemberdayaan serta memperjuangkan nasip Nelayan, baik itu pengadaan sarana dan prasarana maupun bantuan lainnya," harap Magansa.

Disitu Mangansa juga menegaskan kalau kehadiran HNSI adalah sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam memberdayakan masyarakat Nelayan sehingga apa yang dicita-citakan yakni kehidupan masyarakat adil dan makmur dapat diwujudkan.

"Dengan kehadiran HNSI diharapkan dapat mendukung Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Nelayan di Kepulauan Meranti," ucapnya.

Kemudian Magansa juga menjelaskan HNSI selain bermitra dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nelayan, juga dapat bersingeri dengan instansi penegak hukum seperti Kepolisian dalam memberantasan kasus peredaran Narkoba serta masuknya barang Ilegal diwilayah Laut.

"Karena aktifitas anggota HNSI banyak dilakukan di Laut maka HNSI juga dapat bekerja sama dengan Kepolisian dalam mengawasi dan menginformasikan peredaran Narkoba begitu juga mengawasi masuknya barang Ilegal," jelasnya lagi.

Terkahir Magansa Panjaitan juga berharap kepada Pemerintah Daerah unuk bersama-sama HNSI dapat membina Nelayan dari segi pendidikan, kesehatan dan lainnya sehingga ekonomi masyarakat Nelayan secaa perlahan dapat terangkat.

Terakhir Ketua DPC HNSI Meranti terpilih Rony Samudra dalam pidatonya mengatakan wilayah kerja Nelayan di Meranti amat luas berkisar 3700 KM3, dengan jumlah Nelayan sebanyak 8000 orang. Jika potensi ini dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan maksimal akan dapat newujudkan kedaulatan Nelayan.

Iapun berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya melakui Dinas Perikanan dapat lebih memperhatikan Nelayan yang jumlahnya 8000-an orang tersebut. Dan DPC HNSI Meranti ditegaskannya siap menjadi mitra pemerintan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nelayan.


Untuk tahap awal, dijelaskan Rony, DPC HNSI Meranti akan melakukan inventarisir jumlah real Nelayan di Meranti. Selain itu juga mendata apa-apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankN operasinya. Nantinya data ini akan diberikan kepada Dinas Perikanan Meranti sebagai acuan dalam memberikan bantuan kepada Nelayan.

"Dengan begitu bantuan yang diberikan oleh Pemda benar-benar dibutuhkan dan kebih tepat sasaran," ujar Rony.

Sekedar informasi dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan kepada Nelayan, bantuan diserahkan langsung oleh Asisten III Sekdakab. Meranti didampingi Ketua DPD HNSI Provinsi Riau  kepada perwakilan Nelayan. (rls/kz).

Related

Meranti 6702741883663180007

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item