Asisten II Buka Resmi Bimtek Pengelolaan Arsip Statis

NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal melalui Asisten II, Tasrif Amran, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Statis, Dalam Rangka Penyusutan Arsip Daerah Kabupaten Natuna, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, di Aula Tren Central Hotel, Jalan Pramuka, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Selasa (12/11/2019) siang.

Tasrif meyampaikan salam dan permohonan maaf dari Bupati Hamid Rizal, tidak bisa hadir bersama-sama disini, karena sedang melaksanakan dinas di luar daerah.

Dalam sambutannya, Tasrif, mengatakan, pengelolaan kearsipan merupakan sebuah fungsi penting dalam segala hal sebagai rekam jejak informasi sejarah terkait aset, maupun berbagai kepentingan penyimpanan informasi lainnya.

“Mengingat bahwa arsip merupakan sumber informasi dan sebagai bahan pertanggungjawaban yang autentik, merupakan sebuah keharusan bahwa pengelolaan berbagai bentuk dokumentasi arsip diselenggarakan secara profesional sesuai kaedah dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Tasrif, dalam penyelenggaraan pemerintahan, hal ini hendaknya menjadi perhatian dan kepedulian, serta kemampuan manajerial seorang aparatur yang mampu memilah dan mengelola dokumen arsip secara handal dan kreatif.

“Dalam momen yang berbahagia ini perlu saya tekankan bahwa peran saudara-saudara sekalian para pengelola kearsipan disetiap organisasi perangkat daerah sangat penting. Karena ditangan saudara sekalian informasi dikumpulkan menjadi data utuh dan menyeluruh. Merekam segala aktivitas kedinasan, berbagai kebijakan, serta bahan pertimbangan yang sudah barang tentu memiliki nilai penting,” terangnya.

“Oleh karenanya, saya berharap kepada saudara sekalian segenap peserta kegiatan untuk benar-benar fokus dalam mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, Ir Basri, sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan, melalui Kabid Penyelenggaraan Kearsipan, Suharti S.Sos, dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengelolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai, dan penyerahan arsip statis kepada lembaga kearsipan (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna).

Kegiatan ini, kata Suharti, diselenggarakan selama 2 hari dengan peserta berjumlah 65 orang, yang merupakan perwakilan dari pengelolaan arsip OPD dari 29 OPD dan BUMD Kabupaten Natuna, dengan narasumber berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Stella Sigrid Juliet S.S M.Hum.

Adapun materi yang dibahas antara lain, penyusutan arsip, penyerahan arsip, dan pemusnahan arsip.

“Untuk sumber anggaran pelaksanaan kegiatan berasal dari APBD Natuna Tahun Anggaran 2019,” pungkasnya. (Win)

Related

Natuna 8780184251520079356

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item