Wabup Meranti Pembina Upacara Peringatan HSP 2019, Ajak Pemuda Terus Gelorakan Semangat Juang Pemuda Terdahlu

Senin, 28 Oktober 2019
MERANTI, RIAUPUBLIK.COM-- Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019, dilingkungan Pemkab. Meranti, dalam kesempatan itu Wabup mengajak kepada seluruh pemuda Indonesia khususnya di Kepulauan Meranti untuk terus menggelorakan semangat juang Pemuda terdahulu agar dapat menjadi pelopor kebangkitan bangsa, bertempat di Halaman Kantor Bupati Meranti, Senin (28/10/2019).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Para Legislator DPRD Kep. Meranti, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Irwan, Danposal Selatpanjang Lattda Laut Jerry Hendra, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Herry Saputra SH dan Jajaran Pejabat Eselon III, PNS dan Non PNS.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera yang dilanjutkan degan Pembacaan Teks UUD 1945 dan Ikrar Pemuda 1928 oleh para Pemuda-Pemudi Meranti berpakaian Adat Daerah, sebagai presentasi peserta kongres ketika itu Young Java, Slebes, Sumatera, Sulawesi, Aceh, Batak, Perhimpunan Pelajar Indonesia dan lainya.

Mengawali amanatnya Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim mengucapkan selamat kepada seluruh Pemuda khususnya di Kepulauan Meranti, Wabup menyadari bahwa nasip masa depan bangsa ini kedepan berada ditangan pemuda untuk itu ia mengajak kepada seluruh pemuda dan pemudi untuk terus menggelorakan semangat juang pemuda terdahulu sehingga menjadi pelopor tauladan kebangkitan bangsa.

"Mari terus gelorakan semangat juang para pemuda pejuang bangsa, jadilah tauladan dan pelopor kebangkitan bangsa," ujarnya.

Selanjutnya dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh Muda-Mudi Meranti dibidang olahraga maupun bidang lainnya, menurut Wabup menandakan bahwa pemuda Meranti memiliki potensi yang besar dan tak kalah hebat dibanding pemuda lainnya di kota-kota besar.

"Ini bukti Pemuda Meranti takmkalah hebat dibandingkan pemuda lainnya di Kota besar," ucap Wabup.

Sekedar informasi, dalam kesempatan itu Wabup bersama Forkopimda juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para Pemuda Berprestasi diantaranya kepada Peraih Medali Kejuaraan Sepak Takraw Andri Ramadhan Sepak, Syaifuddin, Raja Febri, M. Nazaruddin. Kejuaraan Silat M. Frianto, Siti Ardianti, M. Andri, Ade Rizwan, Rendi Kurniawan, Fajria, M. Rizki Prasetya, Elsi Suci, Dewi Purnama, serta penghargaan kepada Paskibraka Tingkat Provinsi dan lainnya.

Selanjutnya Wakil Bupati membacakan  membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali sempena Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini, dikatakan Wabup Peringatan Har Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.
Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negative dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

"Semoga semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia," tutup Wabup.

Kegiatan diakhiri mrnyaksikan performace dari para Atlit IPSI Meranti dan dengan penandatanganan Deklarasi Pemuda Kepulauan Meranti oleh Wakil Bupati H. Said diikuti oleh Forkopimda, Legislator DPRD Meranti, Perwakilan Ormas dan serta Parpol, dan lainnya. (kz/Humas Pemkab).

Related

Meranti 5988661578296706626

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item