LEMKASPA : Minta Presiden Jokowi Akomodir Tokoh Aceh Dalam Pembangunan Nasional

Rabu, 30 Oktober 2019
 Foto : Direktur Lemkaspa,  Samsul Bahri, M.Si.
ACEH, RIAUPUBLIK.COM-- Lembaga Kajian Strategis dan Kebijakan Publik (LEMKASPA), Meminta Presiden Jokowi Dodo untuk mengakomodir tokoh-tokoh Aceh dalam pembangunan nasional lima tahun kedepan.

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh  Lemkaspa, berhasil menyimpulkan beberapa point penting terkait ke ikutsertakan tokoh Aceh dalam ranah pembangunan Indonesia dibawah kepemimpinan Jokowi Dodo-Makruf Amin.

Direktur Lemkaspa, Samsul Bahri, M.Si, menyampaikan kepada  media selasa 29/10 "Aceh merupakan daerah modal sejak awal kemerdekaan RI, dan penyumbang terbesar devisa Negara pada sektor Migas. Inilah yang menjadi barometer kita mendorong figur-figur Aceh dilibatkan secara penuh dalam ranah kabinet pak Jokowi."

Dalam dunia politik demokrasi tokoh Aceh sangat berperan dalam kemenangan Pak Jokowi pada tahun lalu, artinya Aceh memiliki peran dalam setiap kebijakan Nasional. Jadi jangan dilihat suara kalah atau menang dalam politik Pilpres kemaren. Namanya juga politik sifatnya sangat dinamis,  kata Samsul

Banyak tokoh Aceh yang layak yang bisa ikut membangun Indonesia membantu Presiden dalam kabinet menteri wakil menteri, wantimpres, kepala badan, wakil kepala badan, duta besar hingga staf khsusus presiden.

"Jangan sampai Presiden-Wapres dan para pejabat tinggi Negara RI ini baru membutuh tokoh dan tokoh Kharismatik Aceh untuk merangkul Rakyat Aceh manakala konflik berkecamuk"

Janganlah Aceh seperti dibatasi kuota untuk terlibat langsung dalam pembangunan di bawah kepemimpinan Pak Jokowi.

Kalau dibatasi satu atau dua orang saja karena melihat lahir di Aceh maka itu peran Aceh dalam membangun Indonesia sama dengan tidak berimbang dengan pengorbanan Rakyat Aceh ikut memerdekakan Negara Republik Indonesia.

Aceh rela memberikan kekayaan alamnya demi Negara dan selalu akhirnya mau berdamai di saat saat konflik. Ditambah lagi tidak sedikit orang Aceh yang terlibat dalam kancah Nasional, sekarang tinggal peluang untuk dilibatkan atau dibiarkan Aceh berada diluar lingkaran sistem Pemerintah.

Lebih lanjut kata ketua Lemkaspa Samsul Bahri, "Berikan kesempatan kepada mereka tokoh-tokoh Aceh untuk berkontribusi membangun Indonesia, dari pada kemampuan mereka berpotensi dimanfaatkan oleh orang atau pihak lain"

Selain itu kata Samsul, dorongan dari beberapa tokoh dan Partai Nasional untuk penambahan wakil menteri dan wakil kepala badan juga memungkinkan. Sebab beberapa kementerian yang memiliki anggaran dan beban sangat besar butuh wakil-wakil menteri yang mampu, apalagi jika menterinya belum berpengalaman sama sekali dalam dunia pemerintahan, dan penyusunan anggaran pembangunan.

Demikian pula beberapa badan harus ditempatkan wakilnya karena tugas yang sangat kompleks dan variatif seperti BNPB, BNPT dan BNN. Bisa jadi di badan-badan tersebut kepalanya militer atau polisi tapi wakilnya bisa dari sipil atau sebaliknya. Itu termasuk badan yang paling banyak kegiatan dan tidak mungkin membawa hasil maksimum dengan dipimpin satu kepala tapi harus dibantu oleh wakil untuk memaksimalkan kinerja para perangkat Negera, Ujar Ketua Lemkaspa di Kota Banda Aceh.

Reporter.  : Masri

Related

Riau 3392186950103234933

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item