Wabup Meranti Hadiri Kegiatan Evaluasi SAKIP Pemkab. Meranti 2019

Sabtu, 28 September 2019
BATAM, RIAUPUBLIK.COM-- Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim menghadiri kegiatan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintan Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019, kegiatan dalam rangka menguji kemampuan SKPD dalam menyusun sistem perencanaan, penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem Akuntabilitas keuangan itu, dipusatkan di Ballroom, Hotel Nagoya, Batam, Sabtu (28/9/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin AK MSc, Narasuber Hari Kamto, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner MP.d, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Maamun Murod, Insektor Meranti Drs. Suhendri dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Ortal Rika S. Sos dan Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat Se-Kabupaten Meranti, Kasubag Program tiap OPD dan lainnya.

Dalam kegiatan itu, seluruh SKPD diminta oleh penguji untuk memaparkan Casecading atau pohon kinerja yang disusun sebagai dasar pelaksanaan kegiatan berbasis kinerja disetiap SKPD. Yang langsung dievaluasi dan diuji oleh Asdep Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin AK MSc.

Dalam pemaparan yang dilakukan oleh Kepala SKPD dihadapan Wakil Bupati serta pembimbing dari Kemen PAN RB, penyusunan Casecading yang dilakukan oleh setiap OPD ang berbasi: kinerja, efektif, eflsien dan bermanfaat, terbukti sudah cukup baik namun beberapa masih butuh penyempurnaan

Kelemahan yang ditemui seperti dalam penggunaan kalimat yang tidak efisien dan penyusunan pohon kinerja yang kurang logic.

Untuk itu, Komaruddin meminta Kepala SKPD untuk lebih menyederhanakan kalimat agar mudah dimengerti dan penyusunan program yang lebih logis.

Selain itu juga seperti diingatkan Komaruddin diperlukan pelaksanaan program yang terintegrasi antara satu SKPD dengan SKPD lainnya.

Setelah diberikan petunjuk dan arahan dari pihak Kementrian PAN-RB RI, para Kepala SKPD dan Kasubag Program mulai memahami dengan baik. Diharapkan kedepan penyusunan SAKIP lebuh sempurna sehingga apa yang ditargetkan Bupati dan Wakil Bupati perolehan nilai SAKIP A dapat terwujud.

Menyikapi kegiatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim menegaskan penyusan SAKIP yang baik penting namun hal itu hanya bersifat adminsitrasi, adalah agar pegawai Iebih menyadari apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

"Yang penting pegawai memiliki kinerja yang tinggi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat," tegasnya. (KZ/Humas).

Related

Meranti 5258263921923996249

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item