Sebanyak 155 penyakit Di tangani puskismas Rohil sebelum di rujuk Kerumah sakit

Jumat 05 Juni 2019 - 14:43:42 WIB
RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI - Sedikitnya ada 155 macam penyakit yang ditangani oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebelum dirujuk ke tingkat yang lebih tinggi rumah sakit. Aturan ini berlaku bagi pasien yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan melalui BPJS atau KIS.

Demikian dikatakan Kepala Puskesmas (Kapus) Bagansiapiapi, dr Erwinto, Kamis (4/7/2019) siang di ruang kerjanya. "Kalau melalui jalur BPJS atau KIS tentunya harus ditangani terlebih dahulu oleh pihak Puskesmas. Jika masih bisa ditangani tentunya kita tidak akan mengeluarkan surat rujukan, kecuali ada penyakit yang sifatnya komplikasi," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, aturan tersebut tentunya membuat pemanfaatan layanan kesehatan di tingkat Puskesmas jadi meningkat. "Dengan adanya aturan rujukan itu membuat masyarakat yang menderita sakit ringan bisa langsung ditangani di Puskesmas dan tidak perlu ke rumah sakit, kecuali melalui jalur umum," terang Erwinto.

Erwinto mencontohkan, dari 155 penyakit itu seperti Kencing Manis yang masih bisa ditangani di tingkat Puskesmas. Kecuali penyakit tersebut sudah kronis maka akan dikeluarkan surat rujukan ke rumah sakit. "Tapi kalau tidak kronis masih dan bisa kita tangani, tidak perlu harus dirujuk ke rumah sakit," ucapnya.

Contoh lainnya adalah penyakit mata. Untuk penyakit mata tentunya bisa langsung dikeluarkan surat rujukan ke Rumah Sakit dr RM Pratomo. Mengingat di RSUD dr RM Pratomo belum memiliki dokter spesialis mata, tentunya dirujuk  ke Dumai atau ke Pekanbaru.

Erwinto menjelaskan, sebelum sistem rujukan, pemegang kartu tersebut bebas masuk ke rumahnya sakit manapun tanpa melihat tipe. Dampaknya, layanan kesehatan milik pemerintah di tingkat bawah sering diabaikan.

"Jadi dengan adanya aturan sistem rujukan itu layanan kesehatan di tingkat Puskesmas bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Selama ini kan masyarakat langsung berobat ke rumah sakit, padahal penyakit itu ringan dan bisa ditangani Puskesmas," pungkasnya.

(jum )

Related

Rohil 2161520041013462670

Posting Komentar

emo-but-icon

.

.

uc

uc

adv

adv

MAS

MAS

Ikl

Ikl

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item