Wabup Ngesti Dorong Petani Natuna Orbitkan Pupuk Organik

Kamis, 24 Januari 2019
NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, menghadiri panen raya padi organik di Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, pada Kamis (24/01/2019) pagi.

Padi organik tersebut adalah hasil kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bunguran Barat dengan petani di Desa Air Lengit.

Panen raya padi organik tersebut, adalah hasil dukungan dari berbagai pihak, terutama dukungan dari Wabup Ngesti, DPRD Natuna, beserta pihak Bank Riau Kepri, yang sukses melaksanakan penanaman padi organik perdana pada akhir Oktober 2018 lalu.

"Alhamdulillah, melalui dukungan semua pihak dan kerjasama SMK Negeri 2 Bunguran Barat (SMK Pertanian, red) dengan petani, maka hari ini kita bisa memetik hasilnya. Butuh proses tiga bulan untuk sampai ketahap panen," kata Wabup Ngesti, dalam sambutannya.

Penanaman padi organik ini, sambung Ngesti, harus terus berlanjut sampai seluruh petani memahami bahwa menggunakan pupuk organik jauh lebih ekonomis dan sehat ketimbang menggunakan pupuk kimia.

"Pada kesempatan ini, saya akan mempromosikan pupuk cair Microba Alfafa buatan SMK Pertanian kepada para OPD. Kedepan Dinas terkait harus bisa memberikan pembinaan, supaya produksi pupuk organik di Natuna terus berlanjut, dan bila perlu bisa di ekspor keluar daerah," harap Mantan Anggota DPRD Natuna periode 2009-2014 tersebut.

Pada panen raya itu, hadir juga dari Badan Pusat Statistik (BPS) Natuna. Kehadiran mereka untuk mengetahui hasil produksi petani dan akan dimasukan dalam data BPS.

"Kehadiran BPS ini supaya data mereka valid. Dan bersyukur, panen kali ini ada peningkatan hasil produksi,"  ungkapnya.

Menyikapi hal ini kata Ngesti, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas terkait akan terus mengakomodir kebutuhan petani dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

Penggunaan pupuk organik harus menjadi contoh desa lain agar turut serta menggunakan pupuk alamai tersebut dalam bercocok tanam.

"Saya sudah bicarakan dengan pihak SMK Pertanian  dan Desa, supaya pembinaan ini berkelanjutan. Kepada Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Disperindagkop dan UKM, harus dimonitor," pungkas Ngesti.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Ketahanan Pangan Sri Hariningsih, Kadis PMD Indra Joni, Kadis LH Wan Asfarudin dan sejumlah pimpinan OPD lainnya. (Win)

Related

Riau 8850263389989313652

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item