MAHASISWA STIKES CUT NYAK DHIEN LANGSA DIBEKALI WASBANG OLEH DANDIM 0104/ATIM

Selasa, 28 Agustus 2018
LANGSA, RIAUPUBLIK.COM--Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis diwakili Danramil 22/Langsa Barat Lettu Inf Sukamto memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada Mahasiswa Stikes Cut Nyak Dhien Langsa bertempat di Aula Stikes Cut Nyak Dhien Langsa.

Kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan tersebut dihadiri sebanyak 80 orang peserta yang terdiri dari Mahasiswa Baru, unsur Pembina dan Senior Stikes Cut Nyak Dhien Langsa.

Dalam pembekalannya, Danramil 22/Lgsb memberikan materi wawasan kebangsaan tentang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Selasa (28-08-2018).

Lettu Inf Sukamto memberikan gambaran perjuangan bangsa dari masih jaman kerajaan yang ada wilayah Nusantara, utamanya untuk melawan musuh-musuh bangsa saat itu dalam kaitan upaya untuk mempertahankan wilayah kerajaan.

Selanjutnya disampaikan Indonesia selama 300 tahun lebih menghadapi perang yang bersifat kedaerahan melawan penjajahan dengan tujuan untuk mengusir penjajah dari Bumi Nusantara.

Kesadaran kebangsaan tumbuh melalui tonggak kebangkitan nasional 1908 berlanjut Sumpah Pemuda 1928 oleh para pemuda Indonesia, terangnya.

Mereka para kaum muda bersatu dari seluruh wilayah Indonesia berjuang untuk merebut kemerdekaan dan bebas dari belenggu penjajahan. Akhirnya perjuangan panjang membuahkan hasil pada tanggal 17 agustus 1945 Negara Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya melalui Dwi Tunggal tokoh Proklamator Bangsa Soekarno-Hatta.

Saat ini Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah memasuki usia 73 tahun merdeka. Kita bersatu padu di tengah kebhinnekaan mengisi pembangunan untuk membawa kemajuan dan kemakmuran bangsa. Namun demikian sekarang Negara Indonesia rentan dihadapkan pada permasalahan bangsa seperti perang modern, proxy war ideologi, proxy war ekonomi, dan proxy war sosial budaya, tegas Danramil.

Sukamto juga mengingatkan bahwa budaya leluhur kita semakin lama akan semakin menghilang karena dikalahkan oleh budaya baru, maka dari itu kita sebagai warga Negara yang baik harus mengamalkan Pancasila karena Pancasila yang dapat mempersatukan di negara kita. Warisan budaya kita juga harus dipertahankan supaya negara kita tetap bersatu dan menumbuhkan jiwa semangat kebersamaan dalam bentuk apapun. Anak bangsa kita juga banyak yang mencapai terbaik di tingkat dunia contohnya di bidang pendidikan, olahraga dan lain sebagainya, pungkas bapak berpangkat balok dua dipundak itu.

Acara pembekalan Wawasan Kebangsaan selesai dalam keadaan lancar dan tertib, dilanjutkan dengan pembekalan Anti Narkoba oleh Kepala BNN Kota Langsa AKBP, Navri Yulenny, SH.MH. (muzakir)

Related

Ekonomi 1773957124006660046

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item