Mantab Kali....! Cagubri-/Wagubri Zaman Now No 2, Elektabilitas Lukman Edy-Hardianto Tertinggi

Jumat, 08 Juni 2018
PEKANBARU, RIAUPUBLIK.Com--Pasangan Cagub-cawagub Riau Nomor Urut 2 Lukman Edy-Hardianto dianggap sebagai pasangan yang paling bersih dari korupsi. Hal itu tergambar dari rilis terbaru lembaga survey Lembaga Kajian Pemilu Indonesia(LKPI) di Jakarta, Kamis(7/6).

Hampir 90,2 persen responden menyatakan bahwa pasangan Gubri-Wagubri Zaman Now itu paling bersih dari korupsi  dibanding tiga calon kepala daerah lainnya. Syamsuar-Edy Nasution 70,2 persen, Arsyadjuliandi Rachman-Suyanto 69,3 persen, dan pasangan Firdaus-Rusli 67,2 persen.

"Berdasarkan indeks anti korupsi, maka tingkat elektabilitas atau keterpilihan pasangan Nomor 2 Lukman Edy-Hardianto adalah yang tertinggi," ujar Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono.

Demikian juga dengan tingkat akseptabilitas atau tingkat penerimaan/kesukaan masyarakat Riau terhadap empat pasangan Pilgub Riau, pasangan dengan Jargon Riau Bangkit itu menempati urutan tertinggi, yakni 80,3 persen. Sementara, pasangan Syamsuar-Edy Nasution 78,2 persen, sedangkan Firdaus-Rusli sebesar 70,2 persen, disusul pasangan petahana Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno di posisi buncit, sebesar 68,2 persen.

Sementara itu, menurut Arifin, meskipun pilgub Riau diikuti oleh empat pasang Cagub-cawagub, namun hanya pasangan Lukman Edy-Hardianto dan Syamsuar-Edy Nasution yang saat ini bersaing ketat.

"Dalam pikiran responden saat ini  terhadap nama pasangan kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur, tergambar bahwa pasangan Lukman Edy-Hardianto  dipilih secara spontan oleh sebanyak 31,4 persen responden. Sedangkan pasangan Syamsuar-Edy Nasution dipilih sebanyak 25,1 persen. Sementara pasangan Firdaus-Rusli 11,3 persen, dan Arsyadjuliandi Rachman–Suyanto 10,1 persen," lanjut Arifin.

Survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel  dalam survei ini adalah 1985 responden dengan margin of error +/- 2,2 persen pada tingkat  kepercayaan 95%. Responden tersebar di 397 desa/kelurahan di 166 kecamatan di 12 kabupaten/kota  yang ada di Provinsi Riau. Metode pengumpulan data adalah responden terpilih diwawancara secara tatap muka  menggunakan kuesioner oleh pewawancara. Setiap  pewawancara bertugas mewawancarai lima responden untuk setiap satu kelurahan/desa yang dilaksanakan pada 24 Mei s/d 6 Juni 2018. **

Related

Riau 4476525530783665977

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item