Gulat Manurung: Riau Dapat Jatah Replanting 2.400 Hektare Kebun Kelapa Sawit

Kamis, 14 Desember 2017

PEKANBARU, RIAUPUBLIK.Com-- Provinsi Riau mendapat jatah replanting atau peremajaan kebun kelapa sawit sebanyak 2.400 hektare dari anggaran Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Gulat manurung mengatakan Ada dua KUD ( koperasi unit desa ) yang dapat dana replanting atau peremajaan kebun tapi semua belum bisa terlaksana sampai hari ini karena terbentur masalah administrasi, seperti bibit yang harus kontrak langsung dari ppks medan, yang bersertifikat, dan administrasi lain nya yang tidak biasa mereka hadapi. Instansi seperti dinas perkebunan propinsi riau juga sudah membantu tapi tetap saja masih terbentur.

"Memang replanting ini belum secepat harapannya di lapangan, tahun ini Riau dapat juga [anggaran replanting] sekitar 2.400 hektare dari BPDPKS,karena untuk dana replanting per hektar itu 25 juta rupiah, berarti sekitar 600 milyar.”Sebutnya.

Gulat manurung juga berharap agar segala administrasi lebih disederhanakan lagi, karena sangat disayangkan dana sebesar itu tidak bisa digunakan untuk replanting kebun kelapa sawit.

Bila kondisi ini tidak segera diantisipasi dengan menanam ulang, dikhawatirkan nantinya bakal berpengaruh pada turunnya produksi sawit asal Riau. Kebun kelapa.sawit di riau terbesar, tapi kenapa hanya ada dua KUD yang dapat, ini kan jadi tanda tanya, kata gulat manurung, karena tidak mungkin petani sawit tidak mau dibantu,

"Kalau produksi turun, ini berbahaya bagi ekonomi masyarakat karena hampir 50% orang Riau ini bergantung ke sawit.”Papar Gulat Manurung, disela Acara Sawit Goes To Kampus Di UIR.


Adapun anggaran BPDPKS memang bertujuan salah satunya meremajakan perkebunan kelapa sawit mceasyarakat yang sebagian besar sudah mencapai usia tua, dan harus segera ditanam ulang.(Bb23)

Related

Pekanbaru 6454369549214774365

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item