Menjelang Pemilihan Gubernur Riau 2018, LAM Riau Keluarkan "WATAN"

Rabu, 04 Oktober 2017

PEKANBARU, RIAUPUBLIK.Com-- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) diharapkan membuat gebrakan jelang Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018. Ini diperlukan agar putra terbaik Riau bisa tampil dalam helat politik tersebut dan bisa merebut kursi nomor satu di Riau.
Demikian diutarakan Tokoh Riau yang juga pemerhati sosial budaya, politik dan kemasyarakatan, Prof Dr H Yusmar Yusuf. Dalam pandangan Yusmar, LAM Riau perlu mengangkat dan mendorong tampilnya anak watan Riau, jelang pelaksanaan Pilgubri 2018 mendatang.
Langkah yang disarankan Yusmar adalah dengan membuat maklumat atau warkah yang ditembuskan kepada paguyuban-paguyuban yang ada di Riau. Dimana warkah atau maklumat LAM Riau tersebut berisi dukungan terhadap anak Melayu di Pilgubri 2018.
“Maklumat itu nanti ditembuskan ke paguyuban yang ada di Riau ini,” ucap Yusmar di hadapan peserta Senarai Diskusi Hal Ikhwal Kondisi Riau Saat Ini yang digelar di gedung LAM Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (4/10/2017).
Bahkan untuk ‘memuliakan’ paguyuban tersebut, lanjut Yusmar, LAM Riau sebaiknya mengantarkan maklumat itu secara langsung. “LAM harus tunjukkan lembaga adat yang milenial dan eksklusif. Ini pekerjaan di rumah besar Provinsi Riau. LAM juga harus menunjukkan posisi sebagai tuan rumah yang elegan,” tuturnya.
Dipaparkannya lagi, LAM Riau sendiri merupakan wadah yang tepat untuk menjalankan politik identitas dalam helat Pilgubri ini. Sebab LAM memiliki hak politik adat, dan itu memang sudah merupakan hukum alam.
“Rencanakan berkunjung ke paguyuban-paguyuban di Riau, sampaikan maklumat bahwa kita ingin anak watan yang memegang tampuk kepemimpinan Riau,” imbau dosen Universitas Riau ini.
“Tidak perlu gamang dengan kondisi heterogenitas di Riau,” tambahnya.

Sementara itu Ketua DPH LAM Riau, Syahril Abu Bakar, mengatakan bahwa sebagai tuan rumah, wajar kiranya anak watan ini didahulukan selangkah, ditinggikan seranting.

Related

Riau 2739743148636383870

Posting Komentar

.

.

uc

uc

b

b

adv

adv

MAS

MAS

Tni/polri

Tni/polri

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Pekanbaru

Newspelalawan

PANGLIMA TNI

PANGLIMA TNI

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewansiak

Follow Us

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item