Mahasiswa rohil sambut hari Hut Kemerdekaan dan pawai kernval RI ke-72 di Rokan Hilir

Rabu, 16/08/2017
BAGANSIAPIAPI, RIAUPUBLIK.Com-- Ribuan pelajar di Rokan Hilir (Rohil) ikut memeriahkan pawai karnaval adat budaya dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan dihalaman kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohil, Selasa (15/8/2017) siang.

Pawai karnaval yang dilaksanakan setiap tahunnya itu, dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs. H. Surya Arfan, M.Si yang dihadiri Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan, Kapolres Rohil diwakili Kapolsek Bangko Kompol Agung Triadiyanto SIk, Dandim 0321 Rohil diwakili Danramil 01 Bangko Mayor Ediyanto, para Asisten, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Rohil.

Jumlah peserta pawai karnaval kali ini mencapai 12 ribu lebih dari 129 sekolah, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak hingga tingkat sekolah menengah atas swasta maupun negeri.

Selain diikuti ribuan pelajar dengan berjalan kaki, pawai karnaval juga dimeriahkan oleh berbagai ratusan becak hias. Para peserta pawai karnaval tersebut, umumnya lebih banyak memakai kostum atau seragam budaya daerah. Selain dari itu juga memakai seragam profesi yang umum ada di Indonesia.

Pawai karnaval juga diramaikan oleh kelompok marching band yang ada di sejumlah sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga grup marching band tingkat sekolah menengah atas.

Rute perjalanan yang ditempuh peserta pawai antara lain, startnya dihalaman kantor BPKAD Rohil Jalan Merdeka menuju Jalan Pahlawan, Bangko, Perwira, Jalan Riau, Perniagaan dan finish ke Jalan Kelenteng, Bagansiapiapi.

Sekda Rohil H. Surya Arfan, Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan dan sejumlah para kepala OPD foto bersama dengan pegawai dan honorer Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rohil
Sekda Rohil H. Surya Arfan mengaku, jumlah peserta pawai karnaval tahuni ini mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Dari laporan panitia, pelajar yang mengikuti pawai karnaval ini berjumlah 12 ribu lebih, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga tingkat sekolah menengah atas. Ini menunjukkan begitu bersemangatnya masyarakat terutama orangtua wali murid dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 melalui karnaval ini,” kata Sekda.

Menurutnya, pawai karnaval diselenggarakan setiap tahunnya ini merupakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kecintaan terhadap budaya sendiri.

“Kita berharap kepada masyarakat tidak hanya bergembira menyaksikan penampilan peserta karnaval, tapi disamping itu hendaknya sambil merenungkan dengan usia ke-72 ini apa yang telah kita abdikan untuk negara ini. Karena kita melihat belakangan ini nilai-nilai kebangsaan sudah mulai kendor. Maka dari itu empat nilai kebangsaan yakni NKRI, UUD, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika perlu kita tanamkan kepada generasi muda kita,” demikian Surya Arfan. (jum)

Related

Rohil 5641719470558250077

Posting Komentar

.

.

uc

uc

b

b

adv

adv

MAS

MAS

Tni/polri

Tni/polri

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Pekanbaru

Newspelalawan

PANGLIMA TNI

PANGLIMA TNI

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewansiak

Follow Us

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item