INDRA GUNAWAN : KITA HARUS GESA PAJAK AIR SEBAGAI HAK DAERAH

Rabu, 17 Mei 2017
SIAK, RIAUPUBLIK.Com-- Pajak air dan tanah  dibayarkan warga pengguna kepada negara merupakan hak daerah. Hingga saat ini belum dibayarkan negara ke daerah. Untuk itu Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan, SE beserta wakil ketua dan Anggota kunjungi kementrian ESDM  untuk pertanyakan percepatan penetapan tarif pajak tanah dan air.

Pertemuan yang disambut oleh Fadil selaku Kabag penyusunan program dan perencanaan perundang-undangan kementrian ESDM menjelaskn,"kita memang diberi materi untuk menyiapkan MDA pajak air sedangkan untuk migas yg merupakan perpaduan akan  perlu kajian lbih lanjut."Terangnya.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan,"Sampai sejauh ini belum ada payung hukum bagi ESDM untuk program tersebut karena itu ESDM masih menunggu surat kesepakatan dengan mentrian Keuangan sebelum dibuatkan perundang-undangannya."Jelaskan Fadli.

Indra Gunawan,SE yang pimpin rombongan menyampaikan dalam pertemuan dengan kementrian ESDM terkait pajak tanah dan air yang merupakan hak daerah dapat dikembalikan ke daerah agar dapat menjadi PAD sehingga Siak yang saat ini mengalami penurunan APBD pasca turunnya harga minyak dunia dapat terbantu.

Dalam pertemuan disepakatilah beberapa hal antara DPRD Siak dengan ESDM , "kita berharap kesepkatan yg telah dibuat antara kementrian ESDM dengan DPRD Siak terkait regulasi percepatan pajak air dan tanah dapat secepatnya diterbiatkan sebagai dasar pergub dan perbup untuk perhitungan pajak tanah dan air."Ujarnya.

Selama ini menurut Indra ada kerancuan bagi pergub dan perbup sehingga adanya perbedaan regulasi perhitungan bagi ESDM. Melalui pertemuan ESDM menyampaikan akan menggesa perhitunngan pajak dengan batas waktu Juni mendatang. Indra menegaskan jika hingga batas waktu yang telah disepakati belum terbit DPRD Siak dpat mendesak ESDM sesuai kesepakatan pertemuan hri ini (16/5/2017).

Pertemuan juga didampingi Muzamil selaku Kabid pendapatan dan perimbangan dana Siak dari BKD Siak.

DPRD Siak merupakan yang pertama mengagas pertemuan terkait percepatan penetapan tarif pajak dan tanah di ESDM, Kedepannya jika perhitungan sdh diterbitkan DPRD Siak akan diundang pada penyerahan uji publik sebelum ditanda tangani oleh mentri ESDM.

Related

Siak 6786742436990362142

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item