Petani Rohil Diajak Kembangkan Pohon Gaharu

RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI-- Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengajak 27 kelompok tani (Poktan) Kecamatan Pujud mengenbangkan pohon Gaharu.

Pohon Gaharu yang bernilai ekonomis tinggi diyakini dapat mengangkat perekonomian masyarakat.
"Kita sudah melakukan sosialisasi tentang tanaman pohon Gaharu kepada 27 kelompok tani Pujud, 14 Desember lalu. Ini dalam upaya pemerintah mengubah pola pikir masyarakat petani tradisional menjadi petani modern," ujar Kadishut Rohil, Rahmatul Zamri melalui Kabid Produksi, Auzar di Bagansiapiapi, Jumat (18/12/2015).

Diterangkan, pohon gaharu baik yang asli dari hutan mapun budidaya saat ini di Indonesia hanya tinggal sekitar 1.200 hektar. Di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dan kalimantan Barat (Kalbar) jumlah tanaman pohon gaharu semakin menurun dikarenakan pedagang dari daratan cina banyak yang memburu tanaman tersebut tanpa dilakukan penanaman kembali.

"Makanya kita bertekad menjadikan masyarakat rohil yang cerdas untuk melihat peluang besar ini," kata Auzar.

Diterangkan mantan Kabid Kependudukan Rohil ini, harga satu batang pohon gaharu bisa mencapai Rp25 juta. "Makanya peserta yang telah mengikuti sosialisasi akan kita bawa filtrip ke Rokan Hulu (Rohul) untuk dibina mengembangkan tanaman pohon gaharu. Karena Rohul salah satu kabupaten diri Riau yang telah berhasil dalam pengembangan pohon gaharu," tutur Auzar.

Dilanjutkan Auzar lagi, petani di Rohil diharapkan tidak hanya bergantung dari hasil karet atau sawit saja. Karena budidaya Gaharu juga sangat menjanjikan jika dikelola dan dirawat dengan baik. Bahkan hasilnya lebih jauh menjanjikan dari pada budidaya lainnya. Nilai jual pohon Gaharu sangat tinggi dan mudah dalam perawatannya. Di mana perkilogram gaharu produksi Jambi harganya berkisar 10-15 juta. Kalau yang berkualitas super harganya bisa mencapai Rp20-30 jutaan per kilogram.

Tingginya nilai jual pohon Gaharu karena manfaatnya banyak dan mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan mewah seperti Parfum, Aromateraphy, saun, body lotion, minyak gaharu, kerajinan gaharu dan obat-obatan. "Selain itu gaharu juga bisa dijadikan dupa, pengharum tubuh dan ruangan serta bahan kosmetik lainnya," pungkas.(RPc/jumaris)

Related

Rohil 8863542848511276285

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item