Polda Riau Respons../? AMPRI Desak Polda Riau Usut Tuntas Afrizal Sintong


PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM-- Puluhan orang yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Pemuda Riau Intelektual melakukan unjuk rasa di Mapolda Riau, Kamis (2/6). Dalam aksinya, massa AMPRI mendesak Korps Bhayangkara tersebut menuntaskan penanganan perkara yang menjerat Afrizal Sintong.

Menurut pendemo, Bupati Rokan Hilir itu telah dilaporkan atas dugaan menggunakan surat palsu, atau memasukkan keterangan palsu ke dalam akta autentik saat pendaftaran sebagai calon legislatif (caleg) tahun 2013 lalu. Laporan tersebut telah disampaikan beberapa waktu yang lalu.

Dalam aksinya, pendemo membawa sejumlah atribut. Di antaranya, spanduk bertuliskan 'Usut Tuntas Dugaan Tindak Pidana Afrizal Sintong’, dan ‘Tegakkan Hukum Seadil-adilnya’.

Kemudian, ‘Minta Kapolda tidak menutupi kasus Afrizal’, ‘Moral Digadaikan Demi Jabatan’. Lalu, ‘Tindak tegas penipu #pesanmoral’, serta ‘Segara Tuntaskan Perkara Tindak Pidana Afrizal’

Pendemo menyampaikan, Afrizal Sintong diduga melakukan pemalsuan ijazah untuk mendapatkan kekuasan. Hal ini, tidak mencerminkan sikap moral  sebagai seorang pemimpin yang jujur.

"Beliau (Afrizal Sintong, red) orang tidak jujur. Oleh karena itu, pada hari ini kami meminta Polda Riau mengusut tuntas tindak pidana yang dilakukan Afrizal. Yang mana diduga telah memalsukan ijazahnya," ujar Feri Julyardi selaku Koordinator Lapangan dalam orasinya.

Afrizal Sintong diketahui mengikuti ujian nasional (UN) pendidikan kesetaraan paket C pada tahun 2014 silam. Kemudian mengikuti ujian ujian tanggal 19-22 Agustus 2014. Hasilnya, Bupati Rohil dinyatakan lulus dan ijazah kelulusan diterbitkan 20 September 2014.

Sementara, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2013 tentang Perubahan ke- 4 PKPU Nomor 7 Tahun 2012 tentang Tahapan, Program & Jadwal Pemilu 2014, yang menyatakan pendaftaran calon anggota DPRD tanggal 9-22 April 2013 (point 7.1) dan/atau perbaikan daftar calon dan syarat calon sejak tanggal 9-22 Mei 2013, serta penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) rentang waktu 9-22 Agustus 2013.

Kemudian, berdasarkan Pasal 51 Ayat (1) Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu DPR, DPD, dan DPRD. Yang mana, pada huruf E menyatakan bakal calon anggota DPRD berpendidikan paling rendah tamat Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, SMK, Madrasah Aliyah Kejuruan atau pendidikan lain yang sederajat

"Untuk pendaftaran (caleg) dilakukan pada tahun 2013. Sedangkan baru dinyatakan lulus (ujian paket C) tahun 2014. Jadi saat pendaftaran dia menggunakan ijazah apa?. Sedangkan ijazahnya saat itu belum keluar," sebut Feri.

Feri menduga, Afrizal Sintong telah memberikan keterangan palsu kepada pihak tertentu agar bisa mendaftar sebagai caleg. "Apakah kita pantas melihat pemimpin yang tidak bermoral itu,” lanjut dia.

Untuk itu, Feri berharap Polda Riau untuk mengusut tuntas penanganan perkara tersebut. Yang mana, telah ke Korps Bhayangkara Riau tertuang dalam Laporan Polisi No STPL/B/115/III/2022/SPKT/Polda Riau tertanggal 2 Maret 2022.

Dalam STPL itu, Afrizal Sintong yang kini menjabat sebagai Bupati Rohil diduga telah melakukan tindak pidana membuat atau menggunakan surat palsu, atau memalsukan surat atau memasukan keterangan palsu ke dalam akta autentik. Hal ini, dimaksud dalam Pasal 263 jo Pasal 266 KUHP jo Pasal 69 ayat 1 Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

"Kami minta Polda Riau untuk mengusut tuntas laporan pada 2 Maret 2022 lalu. Karena, saat ini belum ada kejelasan penanganan perkaranya,” pungkasnya.

Kalau saya lolos dalam persyaratan pencalonan anggota DPRD, itu bukan salah saya. Tapi kesalahan KPU saat memverifikasi data saya," tandas Afrizal.

Dari informasi yang dihimpun, dalam penanganan perkara ini, Polda Riau telah memeriksa sejumlah pihak terkait di antaranya pelapor, saksi pelapor serta pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohil





Sbr:Haluanriau







Related

Pekanbaru 6579415116403790226

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item