Wweeiiii...! Chairul Riski datang, Dewan Pers Gejolak 2 Pernyatan Ketua Dan Waka DP


PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM-- Gubernur Riau Syamsuar yang tetap konsisten dengan “diam nya” menaggapi teriakan akar rumput yang ingin mengingatkan kealpaannya dengan mencantumkan pasal 15 ayat 3 huruf b c dan h didalam Peraturan Gubernur Riau Nomor 19 tahun 2021 Tentang Kegiatan Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Lingkungan Pemprov Riau harus mengutus pembantunya Chairul Riski yang menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau untuk konsultasi ke Dewan Pers di jakarta. 

Dilansir dari antaranews.com Hendri Ch Bangun wakil Ketua Dewan Pers mengatakan, Dewan Pers mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemprov Riau dengan mengeluarkan Pergub Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Riau.

Pergub tersebut mendukung proses verifikasi media yang dilakukan Dewan Pers saat ini. Termasuk diatur dalam Pergub, kerja sama media, harus sudah minimal terverifikasi administrasi di Dewan Pers.

“Kita mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) yang bekerjasama dengan media yang jelas keberadaannya," ungkap Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri Ch Bangun saat menerima konsultasi dari Dinas Kominfo Provinsi Riau dipimpin langsung Chairul Riski sebagai Kepala Dinas, belum lama ini.

Prinsipnya kata Hendri, kerjasama media sepenuhnya kewenangan daerah. Bekerjasama saling menguntungkan, artinya media itu dibaca dengan jumlah yang cukup, untuk mempromosikan program daerah. Kemudian, akuntabilitasnya jelas.

"Kalau sudah terverifikasi, jelas perusahaannya, membayar pajak, jelas kompetensi pemrednya dan memberi kesejahteraan pada karyawannya," ujar Hendri.

Namun sayangnya apresiasi yang diberikan oleh wakil ketua Dewan Pers kepada Pemerintah Provinsi Riau itu harus mengangkangi pernyataan Ketua Dewan Pers M. Nuh pada saat hari besar insan pers,  tahun 2020 silam dewan-pers-kami-tak-pernah-minta-verifikasi-media-jadi-syarat-kerjasama-dengan-pemda/.

Dilansir dari jetsiber.com, M. NuhI menyatakan bahwa Dewan Pers tidak pernah meminta verifikasi media menjadi syarat kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Dewan Pers tidak pernah mempermasalahkan media yang belum terfaktual selama media tersebut telah berbadan hukum.

Pernyataan Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh itu disampaikan kepada media dalam diskusi dengan beberapa Pimpinan Media Cetak, elektronik maupun siber di Hotel Ratna Inn, Banjarmasin, dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020. Nuh menepis jika media melakukan kerjasama dengan Pemda harus yang terverifikasi oleh Dewan Pers.“Dewan Pers tidak pernah meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk tidak bekerjasama dengan perusahaan media yang belum terfaktual oleh Dewan Pers,” tegas Nuh.

Ironisnya lagi Hendri Ch harus melawan perkataannya yang pernah diucapkannya pada saat hari Hari Pers Nasional tahun 2020 silam.

Dilansir dari kanalkalimantan.com, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun pun menambahkan apa yang disampaikan oleh Nuh. Menurut jurnalis senior ini, tidak masalah adanya kerjasama antara media dengan pemerintah daerah, selama media tersebut merupakan sebuah perusahaan berbadan hukum. “Dewan Pers tidak pernah mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa media yang boleh bermitra dengan pemerintah itu (harus terverifikasi). Tidak ada surat itu,” tambah Hendry.

Terpenting bagi Dewan Pers, perusahaan media itu berbadan hukum dengan adanya penanggungjawab utama. “Sesuai Undang-undang Pers, itu saja cukup sebenarnya. Tidak harus terverifikasi, tapi kalau memang terverifikasi artinya telah teruji. ** secara administratif,” tandas Hendry.



Sementara Chairul Riski di sejumlah media dalam kunjungannya ke Dewan Pers terkait Peraturan Gubernur Riau Nomor 19 tahun 2021 mengeluarkan pernyataan yang bersifat normatif, yang tidak ada hubungannya tentang isi pergubri nomor 19 pasal 15 ayat 3 huruf b c dan h yang merupakan penyebab gejolak dikalangan insan pers di Riau.

Related

Pekanbaru 6897960583129182980

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item