Wweii..! KPK Diminta Usut Se Riki Adik Amril Mukminin Dugaan Korupsi Pencucian Uang Sebut Formasi Riau


PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM - Sidang Bupati Bengkalis nonaktif kembali digelar, Kamis (03/09/2020) lalu di Pengadilan Negeri Pekanbaru. Kali ini Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan Riki Rihardi yang merupakan adik Amril Mukminin sebagai saksi.

Riki Camat Mandau Kabupaten Bengkalis itu dimintai keterangan terkait sejumlah uang yang disita KPK saat melakukan penggeledahan di rumah dinas Amril beberapa waktu lalu.

Lantaran, ia yang juga Mantan Kabag Umum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Bengkalis itu diketahui tinggal di rumah itu saat dilakukan penggeledahan oleh KPK.

Ketika jadi saksi, adik Amril Mukminin itu sebut uang Rp 805 juta disita KPK

Oleh karena itu FORMASI RIAU minta KPK usut tuntas keterlibatan Riki adik Amril Mukminin dalam dugaan korupsi dan pencucian uang .

“KPK juga bisa mengusut keterlibatan Riki ini melalui Pasal 5 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU),” kata Dr Nurul Huda.SH. MH kepada wartawan Kamis (6/1/2021)

Menurutnya lagi,”Dalam Pasal 5 dikatakan bahwa, setiap orang yang menerima atau menguasai penempatan, pentransferan, pembayaran, hibah, sumbangan, penitipan, penukaran, atau menggunakan, harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya,” terang Direktur FORMASI RIAU, Dr Nurul Huda.SH. MH.

“Hasil tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta,” ungkapnya.

Menurutnya,”Riki sudah mengaku uang tersebut didapat dari Amril, dan Amril sudah dihukum 6 tahun karena korupsi walaupun sekarang KPK lagi proses banding. Artinya secara hukum pembuktian, KPK sudah mempunyai dasar untuk mengusut Riki ini dalam dugaan TPPU,” jelasnya

Kemudian menurut FORMASI RIAU,” Sebaiknya KPK segera melakukan pengusutan dugaan keterlibatan Riki ini hingga tuntas. jika Riki ini tidak diusut cepat oleh KPK, kami khawatir ada pendapat di tengah-tengah masyarakat, bahwa Riki ini kebal hukum dan tidak bisa disentuh KPK,” tutupnya.***

Related

Pekanbaru 8482823755570882668

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item