Amang Oii.! Debat Publik Pilkada Bengkalis 3 Pertanyaan Dari Paslon Disikat Habis KDI


BENGKALIS, RIAUPUBLIK.COM-- Pelaksanaan Debat Publik atau debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis yang sebelumnya dijadwalkan pukul pukul 19.30 WIB, akhirnya baru dimulai pukul 21.00 WIB, Minggu (22/11) di Bengkalis.

Waktu penyampaian visi misi tiga menit langsung dimulai dari Paslon urut 1,  Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI). Dalam penyampaian pasangan yang diusung PDIP-PKB,  Kaderismanto saat itu langsung  visi mereka. "Bengkalis Maju Bermartabat Agamis dan Berbudaya dan Sejahterah," kata Kaderismanto dalam penyampaian visinya malam kemarin. 

Sedangkan misi, Mewah Maju Ekonomi Warganya Agamis dan Harmonis. "Terpenting itu, program Bengkalis satu data. Adalah rangkuman dari hasil evaluasi beberapa tahun kami kemudian satukan dalam satu program bengkalis satu data untuk memperpendek kendali birokrasi dan membangun komunikasi baru antara masyarakat dengan pemimpinnya," jelas Kaderismanto. 

Kemudian, program kartu dana insentif KDI Bengkalis sehat. 

Setara dengan BPJS Kesehatan. Kartu Dana Insentif pintar,  beasiswa pendidikan dan beasiswa unggulan. Kartu Dana Insentif Sejahtera bantuan pangan dan penanganan Covid-19. Terpenting, penuntasan jalan poros antar desa dan Kecamatan yang besinergi dengan jalan provinsi dan nasiobal.

 "Meningkatkan alokasi dana desa dari sepuluh persen menjadi dua belas persen. Membangun perumahan rakyat yang punya tanah maupun yang tidak punya tanah," jelasnya. 

Selanjutnya, percepatan infrastruktur desa. Sertifikas keterampilan bagi pencari kerja melalui balai pencari kerja. Penanganan abrasi,  kebakaran hutan dan lahan dengan bersinergi dengan kepentingan badan usaha milik desa. Penanganan narkoba akan membangun rehabilitasi di Kabupaten Bengkalis. 

"Memberikan insentif bagi guru ngaji, imam mesjid, penjaga masjid hafiz Alquran," jelasnya. 

Bahkan, pasangan KDI ini tampil dengan tenang, baik dalam penyampaian visi dan misi maupun dalam menjawab pertanyaan dari pasangan calon bupati yang lainnya.

Paslon nomor urut 2 Abi Bahrun dan Herman dengan Visi "Menjadikan Kabupaten Bengkalis Negeri Melayu yang Hebat,  Bermarwah, Bermartabat dan Berdaya Saing."

"Untuk mencapai ini visi ini ada beberapa misi mensejahterahkan masyarakat dan memastikan Kabupaten Bengkalis negeri yang aman. Program Amankan pemerintahan, menjadikan pemerintahan yang bersih tidak ada korupsi," ucap Abi Bahrun.

Selanjutnya, Amankan Pendidikan dengan beasiswa S1 gratis di kabupaten Bengkalis. Amankan kesehatan dengan memberikan pelayanan gratis di rumah sakit kepada masyarakat Bengkalis yang tidak mampu membayar bpjs kesehatan. 

" Amankan lapangan pekerjaan dengan membangun perusahaan daerah yang bisa menampung 20ribu lapangan pekerjaan," jelas Abi Bahrun kemarin.

Sedangkan Paslon nomor urut 3, Kasmarni-Bagus Santoso menyampaikan Visi: Terwujudnya kabupaten Bengkalis Bermarwah maju dan sejahtera. Misi yang dilakukan pengelolaan keuangan daerah, sumber daya alam dan sumber manusia yang efektif. 

"Mengwujudkan reformasi birokrasi dan penguatan nilai nilai agama dipemerintahan," jelas Kasmarni kemarin. 

"Terpenting pengelolaan insfratruktur yang berkualitas," lanjutnya.

Sedangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis urutan 4, Indra Gunawan Eet-Samsu Dalemunte. Visi Memakmurkan Kabupaten Bengkalis dengan menjadikan negeri maju adil dan terbilang madiri amanah dan Berbudaya. Misi menuntaskan jalan poros baik kepulauan maupun daratan. Meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan. 

"Meningkat gaji honorer sesuai upah minimum Riau. Mengedepankan birokrasi bersih. Menaikkan statu perguruan tinggi yang ada di Bengkalis, serta politekni di kota Duri," kata Indra Gunawan sering dipanggil Engah kemarin.

Dari empat Paslon yang tampil dengan energik tersebut. Paslon paling tenang menjawab dan memanfaatkan waktu debat publik adalah Paslon Kaderismanto-Iyeth Bustami.

Bahkan Iyeth Bustami tampil lepas malam itu, sempat memberikan sambutan penutup, yang begitu menyakinkan kepada Paslon lainnya 

"Kepada seluruh masyarakat kabupaten bengkalis dan untuk paslon nomor urut 2,3 dan 4 mari bersatu kompak mendukung KDI Nomor 1 agar bengkalis Mewah,

Maju Ekonomi Warganya Agamis dan Harmonis,"sebut aktris kelahiran Bengkalis ini

Hanya saja pembatasan atau Prokes dalam pelaksanaan debat diperketat. Bahkan awak media dibatasi untuk masuk ruangan.

Selain itu cuaca kurang mendukung, karena sejak dimulainya debat hingga pukul 22.50 WIB masih hujan deras. ***

Related

Politik 9023279534112598704

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item