Tiem Gabungan TNI/Polri Evakuasi Korban Insiden Hely PK USS Milik PT NUH

JAYAPURA, RIAUPUBLIK. COM--

Pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020 pukul 10.30 Wit bertempat di Bandara Aturure Douw Nabire, telah tiba Korban Insiden Helikopter PK USS Milik PT. NUH di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai dalam keadaan selamat.

Uraian Evakuasi:

Pada hari dan tanggal tersebut diatas pukul 06.00 Wit Tim evakuasi Take Off menggunakan helikopter Airfast bantuan dari PT. Freeport Indonesia dari Bandara Moses Kilangin Timika menuju TKP Helikopter PK USS di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai kemudian melakukan pemetaan lokasi dan mengevakuasi Korban di TKP.

Pukul 08.30 WIT helikopter Asian One PK LTA take Off dari Bandara Nabire menuju Siriwo KM 100 untuk melakukan Evakuasi Korban.

Pukul 09.15 WIT ke 2 (dua) korban di angkat dengan tali safety di TKP pendaratan darurat helikopter lewat Jalur Udara menggunakan Helikopter Airfast freeport.

Pukul 09.45 WIT Helly Air Fast milik PT. Freeport dengan register PK-ZGR landing di Helly Pad KM 100 Distrik Siriwo Kabupaten Nabire dengan mengevakuasi 2 (dua) crew Helly milik PT. NUH Register PK-USS dan langsung dilakukan pertolongan pertama oleh tim medis. 

Pukul 10.15 WIT Ke 2 crew An. Endi Nawalaga dan Erik Kurniawan langsung di evakuasi ke Nabire menggunakan Helly Asian One Air Register PK-LTA.

Pukul 10.30 WIT Helly Air Fast milik PT. Freeport dengan register PK-ZGR landing di Helly Pad KM 100 Distrik Siriwo Kabupaten Nabire dengan mengevakuasi 1 (satu)) crew Helly milik PT. NUH Register PK-USS An. Muh Aswar Jamal (HLO) dan langsung dilakukan pertolongan pertama oleh tim medis.

Pukul 10.33 WIT helikopter Asian One PK LTA tiba di Bandara Aturure Douw Nabire membawa 2 (dua) orang korban An. Erik Kurniawan dan Endi nawalaga kemudian di evakuasi ke RSUD Nabire.

Pukul 10.55 WIT telah take off helikopter Caraĺkal TNI AU untuk menjemput korban An. Aswar Jamal di Siriwo KM 100. Kabupaten Nabire.

Pukul 11.25 WIT telah landing helikopter Carakal TNI AU di Bandara Aturure Douw Nabire membawa korban An. Aswar Jamal kemudian di evakuasi menuju RSUD Nabire.

Identitas Crew Hely PK USS:

1. Capt. Endi Nawalaga;

2. Capt. Erik Kurniawan;

3. M. Aswar Jamal (crew).

Perlu diketahui bahwa kejadian ini berawal pada hari Kamis tanggal 17 September 2020 sekitar pukul 10.30 Wit, Hely PK USS milik PT. NUH (Nasional Ultility Helicopter) dari Kilometer 100 hendak menuju 99 Kampung Ndeotadi Kabupaten Paniai dengan membawa bahan makanan, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam.

Pukul 10.57 Wit, Hely PK USS milik PT. NUH (Nasional Ultility Helicopter) hilang kontak dengan posisi terakhir berada di koordinat 3:33.3 S,136:9.28 E at last report. 

Pukul 15.35 Wit, tim gabungan TNI/Polri, Basarnas serta pihak Hely melakukan pencarian dengan menggunakan Pesawat Caravan SNK Tipe C 208 di titik koordinat. 

Pukul 16.00 Wit, Upaya Pencarian terus dilakukan dengan berputar disekitar lokasi kejadian. Karena cuaca yang tidak bersahabat dimana awan tebal menyelimuti daerah tebing dan hari mulai gelap sehingga pencarian dihentikan.

Langkah-langkah kepolisian:

menerima laporan, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan Evakuasi Korban ke RSUD Nabire.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan bahwa ketiga Korban Insiden Helikopter PK USS BELL 212 An. Erik Kurniawan, Endi Nawalaga dan Aswar Jamal di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai dinyatakan dalam keadaaan selamat dan sementara mendapatkan penanganan medis di RSUD Nabire.



Jayapura, 19 September 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH. HP 08126071540. **

Related

TNI/Polri 2425932802582567732

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item