Bupati Meranti Serahkan Bantuan APD Kepada Petugas Medis, Ormas dan Keamanan

Kamis, 9 April 2020
MERANTI, RIAUPUBLIK.COM- Guna melindungi para petugas Medis , Ormas, Petugas Keamanan yang bekerja digaris depan dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, melakukan penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) berupa Masker, Baju Azmat, Sarung Tangan, Dis Infektan, bertempat di Aula Biru, Kantor Bupati Meranti, Rabu (8/4/2020).

Hadir dalam kegiatan itu, Ka. Lapas Kelas II B Meranti Haidi Zamri, Wakapolres Meranti Kompol. Irmardison, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Misri, Direktur RSUD Meranti dr. Ria, Para Kepala Puskesmas, Camat dan Kades, Perwakilan Ormas, Akademisi dan lainnya.

Penyerarahan bantuan Alat APD dan Dis Infektan langsung dilakukan oleh Bupati Kep. Meranti Drs. H. Irwan M.Si, kepada perwakilan Institusi penerima bantuan disaksikan semua undangan yang hadir.

Seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Misri, penyerahan APD dan Dis Infektan ini, merupakan tindaklanjut Pemda dalam mengantisipasi dan penanganan penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti. Seperti diketahui Tim Gugus Tugas Covid-19 Meranti yang beranggotakan OPD terkait dibantu oleh Kepolisian, TNI, Ormas dan Masyarakat telah bersatu padu saling dukung untuk memerangi penyebaran Covid-19 di Meranti.

Mengawali sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada para petugas Medis di RSUD, Puskesmas, Para ASN dan Nin ASN, Kepolisian, TNI, Ormas, serta Akademisi yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di Meranti. Sebab tanpa dukungan dan sinergitas semua pihak dan elemen masyarakat apa yang diharapkan yakni Meranti terbebas dari Virus Covid-19 akan sulit terwujud.

Kondisi terkini terkait Covid-19 di Kepulauan Meranti, belum ada yang terinveksi Covid-19, agar kondisi ini tetap terjaga Bupati Irwan menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga diri dengan cara disiplin mematuhi semua arahan dari Pemerintah.

Dan kepada para petugas Kesehatan, Pihak Keamanan, Ormas yang bertugas digaris depan, Pemerintah Daerah akan selalu memberikan dukungan seperti yang saat ini dilakukan dengan pemberian bantuan alat OPD. Bupati Irwan sangat memahami besarnya resiko yang harus dihadapi para petugas kesehatan dan pengamanan yang berada digaris depan. Untuk itu perlu diberikan alat perlindungan diri agar dapat bekerja dengan aman dan tenang.

"Bagaimana para petugas Medis dan Keamanan ini dapat melindungi masyarakat jika dirinya sendiri tidak terlindungi, untuk itu bantuan APD ini sangat diperlukan," jelas Bupati.

Adapun bantuan yang diberikan berupa Masker Medis dan Kain produksi para warga binaan Lapas Kelas II B Selatpanjang yang diklaim telah memenuhi standar Kesehatan, Baju APD Azmat Astronouts, Dis Infektan, serta Sarung Tangan dan Rapid Test.

Selanjutnya pada kesempatan itu Bupati Irwan berharap kepada semua pihak khususnya tenaga kesehatan, pengamanan dan ormas tidak perlu terlalu Paranoid dan bingung dalam menghadapi penyebaran Virus Covid-19. Yang terpenting adalah selalu menyesuaikan diri terhadap kondisi dilapangan dan tetap disiplin dalam mengikuti semua petunjuk dari Pemerintah.

"Jangan sampai masyarakat yang bekerja berbagai profesi menjadi tidak produktik bahkan berhenti bekerja karena ketakutan," jelas Bupati.

Turunnya produtifitas masyarakat dalam bekerja tentunya akan menimbulkan masalah baru bagi Kepulauan Meranti yakni ekonomi daerah lumpuh dan masyarakat miskin akan semaki banyak.

Agar hal ini tidak terjadi Bupati berharap kepada aparatur, tokoh masyarakat dan ormas dapat memberikan sosialisasi yang tepat kepada masyarakat agar roda perekonomian tetap berjalan dan aktifitas kehidupan masyarakat tetap berlangsung sebagaimana mestinya.

Kepada masyarakat yang bekerja diberbagai profesi menurut Bupati Irwan dapat terus bekerja dengan beradaptasi, misal tukang pangkas rambut yang cukup beresiko karena berdekatan dan  berbaur dalam satu ruangan dapat mengakali dengan senantiasa menggunakan Masker jika perlu memangkas rambut diruangan terbuka dan selalu mencuci tangan.

Dan khusus bagi ASN di Kepulauan Meranti, Bupati mengingatkan Covid-19 jangan dijadikan alasan untuk berhenti bekerja sehingga tidak produktif. Karena jika itu terjadi maka pelayanan terhadap masyarakat akan terganggu, ekonomi lumpuh masyarakat kelaparan akan semakin banyak.

"Mari tetap berkinerja dalam melayani masyarakat," ucap Bupati.

Terakhir Bupati Meranti meminta kepada masyarakat yang melakukan aktifitas diluar ruangan sesuai dengan arahan Pemerintah untuk senantiasa menggunakan masker, jaga jarak sosial (Sosial Distancing), serta selalu mencuci tangan.

"Mari kita tingkatkan disiplin dan kesadaran mematuhi arahan pemerintah agar Kepulauan Meranti dapat terbebas dari penyebaran Virus Covid-19. Semoga dengan dukungan dan peran aktif semua pihak kondisi dapat kembali normal," harap Bupati mengakhiri.

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan MoU penagangan kesehatan antara Pemerintah Meranti dengan Lapas Kelas II B Selatpanjang, Ormas, Perguruan Tinggi. MoU langsung ditandatangani oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Kadis Kesehatan dr. Misri dan perwakilan institusi terkait. (rls/kz).

Related

Meranti 5573339393190729325

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item