Pemkab. dan Polres Merantu Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Jalan dan Fasilitas Umum Selatpanjang

Selasa, 31 Maret 2020
MERANTI, RIAUPUBLIK.COM- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Wakil Bupati H. Said Hasyim bersama Kapolres Meranti AKBP. Taufik Lukman dan dihadiri Tim Gusus Tugas Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti mengggelar Apel serentak di Mapolres Kepulauan Meranti, kegiatan dalam rangka memperkuat sinergitas penanganan antisipasi penyebaran Covid-19 dilaksanakan Selasa (31/3/2020).

Turut hadir, Sekdakab. Meranti Bambang Supriyanto SE MM, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Misri, Pabung Bengkalis Mayor P. Girsang, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Sekwan DPRD Meranti Heri Suhairi S.Sos, Kepala BPBD Meranti  Idris Sudin, Wakapolres Meranti Kompol. Irmardison, Kabid Perhubungan Azwan, Kepala UPT Kesehatan, Perwakilan IDI, Perwakilan IBI, Ketua Bawaslu Meranti Syamsurizal, Ketua KPU Meranti Abdul Hamid, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Perwakilan Lanal Dumai, Perwakilan Kemenag Meranti, Ormas KNPI, Pemuda Pancasila, serta Tokoh Masyarakat.

Kepada Media, Wakil Bupati H. Said Hasyim dan Kapolres Meranti AKBP. Taufik Lukman, menjelaskan kegiatan Apel serentak Se-Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas antar instansi yang tergabung dalam Gugus Tugas serta Tokoh Masyarakat dan Ormas untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19.

Kapolres berharap melalui kegiatan ini semua instansi yang tergabung dalam Gugus Tugas serta semua elemen dapat satu visi dan misi dalam memberantas lenyebaran Virus Covid-19. Apalagi Meranti saat ini mengalami lonjakan ODP sebanyak 2080 orang yang berasal dari TKI yang baru pulang dari negara tetangga Malaysia.

"Dengan adanya kegiatan ini kita berharap dapat membasmi dan mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 yang masuk di Meranti sehingga tidak sampai menjangkiti masyarakat," jelas Kapolres.

Ditambahkan Wakil Bupati H. Said Hasyim, penanganan penyebaran Covid-19 di Kepulauan Meranti harus dilakukan secara masif dan didukung semua elemen masyarakat. Meski belum ada warga yang dinyatakan positif Civid-19, Wabup Said Hasyim mengingatkan masyarakat tidak boleh lalai karena wabah ini tidak berbentuk, berbau, berwarna yang dapat dilihat.

"Oleh karena itu kita harus mematuhi semua himbauan Pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Dan atas nama Pemerintah Daerah kami ucapkan terima kasih kepada semua masyatakat, dan Instansi terkait yang telah memberikan dukungan dan semangat," ujar Wabup.

Tak lupa Wabup juga mengajak pihak Kecamatan, Desa hingga RT/RW dan Kades penanggulangan penyebaran Covid-19 terus mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya warga yang beresiko seperti 2000-an lebih TKI yang baru pulang dari negara tetangga Malaysia  untuk konsisten mengisolasi diri secara mandiri dibawah pemantauan Dinas Kesehatan Meranti.

"Semoga cobaan Allah ini segera berlalu ini kesempatan kita untuk bertobat mari berdoa agar diri, keluarga serta saudara sebangsa dan setanah air terbebas dari segala bencana dan mala petaka menuju Indonesia yang tangguh dan sejahtera," harapnya.

Terakhir Wabup Said Hasyim mengingatkan kepada aparatur untuk terus membina masyarakat dilingkungan tempat tinggal masing untuk selalu menjaga kebersihan diri, membiasakan hidup bersih serta mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Dalam Apel singkat yang dilangsungkan dimarkas Mapolres Meranti tersebut juga dilakukan penyerahan Alat Pelindung Diri (APD), kepada petugas kesehatan seperti Dokter, Bidan, Ormas, dan instasi terkait lainnya yang bersentuhan langsung dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Meranti. Penyerahan IPD diberikan langsung oleh Wabup H. Said Hasyim dan Kapolres Meranti AKBP. Taufik Lukman diikuti Forkopimda lainnya.

Usai menggelar Apel Serentak, kegiatan dilanjutkan dengan penyemprotan Dis Infektan masal dilokasi pemukiman kaum marginal, lembaga pendidikan, fasilitas umum dan jalan raya yang sudah digelar selama 3 hari terakhir.

Pada kesempatan itu, Pemkab. Meranti dan Polres serta semua pihak yang tergabung dalam Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kepeduliannya dan tak lupa mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari aktifitas penyemprotan Dis Infektan tersebut. Menurut Wabup penyemprotan ini sesungguhnya tak lain adalah untuk kepentingan dan keselamatan masyarakat Meranti.

Sembari melakukan penyemrotan Sekretaris Daerah Kep. Meranti Bambang Supriyanto bersama Tim Gugus Tugas dengan menggunakan pengetas suara menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati surat edaran Bupati Meranti diantaranya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, untuk menjaga jarak antar manusia, serta mmenghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Selain itu juga menngingatkan masyarakat apabila mengalami gejala badan kurang sehat, demam tinggi serta sesak nafas dapat segera memeriksa kesehatan di Puskemas dan Rumah Sakit, dan khususnya bagi warga yang baru balik dari luar negeri diminta untuk tetap dirumah hingga 14 hari kedepan. (kz/Humas Pemkab. Meranti).

Related

Meranti 8469713071146458786

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item