Sinergitas Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad dan Puskesmas Sota Gelar Posyandu di Yakyu

Sabtu, 9 November 2019
MERAUKE, RIAUPUBLIK.COM – Sebagai wujud kepedulian terhadap tumbuh kembang balita dan ibu hamil, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad bersama Puskesmas Sota melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan dan layanan kesehatan bagi warga Perbatasan RI-PNG di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Elikobel, Merauke, Papua, Sabtu(9/11/2019).

Diungkapkan Dansatgas, pada hari Jumat(8/11/2019) Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Yakyu bekerjasama dengan Puskesmas Sota dan Pustu Rawa Biru melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu Kampung Rawabiru, dimana kegiatan tersebut adalah untuk memastikan tumbuh kembang balita dan pemeriksaan bagi ibu hamil.

Mayor Inf Rizky mengutarakan, adapun kegiatan Posyandu tersebut meliputi
penimbangan, ukur tinggi badan, pemberian Vitamin A, imunisasi, layanan KB, Antenatal Care bagi ibu hamil, pencegahan diare dilanjutkan penyuluhan kesehatan, yang kesemuanya adalah untuk memastikan tumbuh kembangnya balita serta ibu hamil.

Lanjutnya, tidak hanya Posyandu dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengobatan bagi warga yang mempunyai keluhan sakit, tercatat ada 23 warga, sedangkan 15 balita, 3 ibu hamil yang mengikuti kegiatan, turut hadir dalam Posyandu 2 personel kesehatan Satgas dan 5 orang petugas kesehatan yang dipimpin Kepala Puskesmas Sota.

“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan wujud sinergitas antara Satgas dan instansi kesehatan diwilayah setempat, guna memastikan pertumbuhan balita selalu terpantau dengan baik, sehingga daya tahan tubuh balita juga selalu terjaga dari serangan virus maupun kuman, agar tetap sehat dan ceria, sementara ibu hamil memeriksa kesehatan janin dan fisiknya,” pungkas abituren Akmil tahun 2003 tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan, di akhir kegiatan diberikan makanan tambahan (PMT) sebagai asupan gizi bagi balita, karena balita di RT 03 Yakyu harus mendapat asupan vitamin dan gizi tambahan, terlebih karena lokasinnya berada dipedalaman serta harus di tempuh meggunakan Ketinting (perahu tradisional Papua) selama 2 ½ jam melewati rawa-rawa.

“TNI dalam hal ini Satgas Pamtas selalu hadir di tengah-tengah masyarakat selain menjalankan tugas pokoknya dalam menjaga keamanan diwilayah perbatasan, juga memiliki tanggung jawab moral memastikan generasi penerus bangsa agar  tumbuh dan berkembang secara sehat,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Sota Ibu Merry S Gebze mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad atas kerjasamanya pada pelaksanaan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu Kampung Rawabiru. "hadirnya tim kesehatan Satgas, tentunya membuat Puskesmas terbantu dalam memberikan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat," tambahnya. **

Related

TNI/Polri 6702759972621048214

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item